Reza Si 'Jokowi KW', Dari Kuli Bangunan Kini Jadi 'Bintang Iklan'

#detikcomEffect

Reza Si 'Jokowi KW', Dari Kuli Bangunan Kini Jadi 'Bintang Iklan'

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kamis, 09 Jul 2015 09:29 WIB
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Perjalanan hidup seseorang memang tak bisa ditebak, begitu juga bagi Reza Srimulyadi (33) yang seorang buruh bangunan. Malam itu sekitar dua tahun lalu adalah kali pertama Reza diwawancarai kisah hidupnya oleh detikcom.

"Saya berterima kasih sekali waktu itu diwawancara sama detikcom. Sejak saat itu jadi banyak yang wawancarai saya mulai dari media online, koran, televisi, dan lain-lain. Sejak itu jadi banyak berubah," ungkap Reza saat berbincang kembali dengan detikcom, Kamis (9/7/2015).

Sebelum berbagi cerita pada Selasa, 14 Mei 2013 silam itu memang Reza sudah menjadi model iklan salah satu perguruan tinggi swasta. Wajahnya yang mirip dengan sosok Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI, membuat dirinya mudah dikenali.

detikcom berhasil menemui Reza dengan menelusuri informasi dari production house yang mengorbitkan dia di iklan tersebut. Saat itu petunjuknya adalah Reza bekerja sebagai buruh bangunan di sekitar Taman Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat.

Awalnya agak sulit mencari Reza dengan hanya berbekal petunjuk itu, ditambah lagi saat itu langit sudah gelap. Sekali memutari danau di tengah taman itu, tiba-tiba muncul sosok Reza keluar dari rumah besar yang sedang dibangun.

Wajahnya mudah dikenali karena wajahnya sangat mirip dengan Jokowi. Dia pun sangat terbuka ketika akan diwawancarai dan bercerita panjang lebar tentang kisah hidupnya.

"detikcom yang pertama kali wawancara saya, mengangkat cerita saya, sampai akhirnya banyak perusahaan yang mengontrak saya untuk jadi bintang iklan," kata dia sambil mengenang momen itu.

Meski membintangi sejumlah iklan, dia tak lupa akan pekerjaan utamanya sebagai kuli bangunan. Dia sudah berkomitmen untuk bekerja di situ hingga rumah megah tersebut ditempati empunya rumah.

Pada masa kampanye tahun lalu dia pun sempat ditawari untuk menjadi jurkam salah satu partai rival Jokowi. Tetapi dia menolaknya lantaran komitmen Reza adalah bekerja menjadi kuli bangunan di tempat itu.

"Sekarang saya masih menunggui rumah ini walau pun sudah jadi. Kalau iklannya sementara dihentikan dulu karena yang bikin iklan takut dianggap melecehkan Presiden, he he he. Tapi saya tetap berterima kasih," ujar dia.

Saat berbincang kembali suaranya masih tetap penuh semangat. Sesekali canda pun terselip dan tak ada yang berubah dari sikapnya itu meskipun sempat tenar di layar kaca dan jadi media darling.

"Selamat ulang tahun buat detikcom yang ke 17, semoga semakin bisa jadi inspirasi semua orang," ucap dia kemudian.

(bag/van)