Menteri Yohana Yakin Polisi Usut Tuntas Kebakaran Gedung Komnas PA

Nur Khafifah - detikNews
Selasa, 30 Jun 2015 08:55 WIB
Foto: Kebakaran Komas PA (Idham/ detikcom)
Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise prihatin atas terbakarnya gedung Komnas PA pada Sabtu (27/6) lalu. Apalagi seluruh bagian terpenting dari gedung ini terbakar.

"Komnas PA adalah mitra kami dalam berjuang untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak Indonesia. Saya sangat menyayangkan terjadinya kebakaran ini yang menghanguskan ribuan data. Mau bagaimana pun juga, data adalah komponen paling mendasar dan menjadi kerangka penting bagi kita semua dalam menyelesaikan berbagai kasus anak yang selama ini terjadi di Indonesia," kata Yohana dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (30/6/2015).

Yohana meminta agar masyarakat tidak berasumsi hingga penyelidikan selesai. Ia juga mengimbau agar polisi segera mengusut tuntas kasus ini.

"Mari kita percayakan saja kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas penyebab kebakaran ini," ujarnya.

Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan hangus terbakar pada Sabtu (27/6). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.11 WIB hingga 22.00 WIB ini, menghanguskan sebagian besar yang dimiliki kantor Komnas PA.

Terdapat empat ruangan pada salah satu blok bangunan Komnas PA yang terbakar. Namun 2 diantara 4 ruangan  yg terbakar adalah ruangan paling vital bagi lembaga ini, yakni Ruang Data dan Ruang Sekjen. Ketua Dewan Pembina Komnas PA, Seto Mulyadi menuturkan, api membakar total seluruh data yang terdapat di ruang data dan ruang Sekjen.

"Bahkan Akta Pendirian Komnas Perlindungan Anak ikut hangus terbakar di ruang Sekjen," kata Seto.  Sebanyak 12 ribu data laporan dan pengaduan yang dimiliki Komnas Pelindungan Anak juga turut terbakar. (khf/fdn)