detikNews
Kamis 21 Mei 2015, 17:14 WIB

Bahaya Jual Beli Ijazah

Wow! Rektor University of Berkley Punya Gelar Akademis <i>Segambreng</i>

Ahmad Toriq - detikNews
Wow! Rektor University of Berkley Punya Gelar Akademis <i>Segambreng</i> Foto: Facebook
Jakarta -

Menristek Dikti M Nasir menginspeksi mendadak sebuah kampus bernama University of Berkley Michigan America yang terletak di lantai 2 Gedung Yarnati, Jl Proklamasi No 44, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat. Ditemukan ijazah palsu di kampus berisi dua ruangan itu.

Selain menyimpan ijazah palsu, ternyata kampus itu juga tak berizin. Izin untuk University of Berkley Michigan America ternyata tempat kursus, bukan penyelenggara pendidikan tinggi.

Menteri Nasir pun geram dan berjanji untuk menutup kampus tersebut. "Saya akan laporkan kampus ini. Ini sudah penipuan, banyak yang dipalsukan. Dan kampus ini sudah ada sejak tahun 1996," kata Nasir saat berada di Gedung Yarnati, Kamis (21/5/2015).

Tak hanya berjanji menutup, Nasir juga ingin menyeret pengelolanya ke polisi. Namun sayang, saat disidak, di kampus ini hanya ada petugas jaga.

Dari keterangan petugas tersebut, diketahui University of Berkley Michigan dipimpin seseorang bernama Liartha S Kembaren. Pria yang disebut bergelar profesor itu sedang berada di Medan, Sumatera Utara.

Ditelusuri di dunia maya, ada akun Facebook atas nama University of Berkley, Michigan, America. Di laman Facebook itu terpampang foto dan nama rektor yang memakai toga lengkap.

Nama rektor di Facebook itu dihiasi gelar akademis yang panjangnya tak biasa. Dilengkapi gelar akademiknya, nama sang rektor adalah Prof Dr Liartha S Kembaren SE SH MSi DR PhD DBA EdD CPC.

Akun Facebook ini tampaknya sudah lama tak aktif. Status terakhir dibuat 23 Februari 2012. Isinya 'jualan' gelar.

"INVITE YOU, YOUR FAMILY, AND YOUR STAFF TO GET AN ACADEMIC ACCREDITED WORLD WIDE BBA-MBA-PhD AND A DR HON FOR VIP/CEO," demikian bunyi status tersebut.




(Ahmad Toriq/Nurul Hidayati)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com