DetikNews
Selasa 12 Mei 2015, 13:46 WIB

Ajukan PK, Air Mata Machica Belum Habis Demi Nasib Anaknya

- detikNews
Ajukan PK, Air Mata Machica Belum Habis Demi Nasib Anaknya
Jakarta - Air mata Machica Mochtar belum habis. Istri Mensesneg era Orde Baru, Moerdiono, itu terus berjuang demi pengakuan sang anak. Dia pun mengajukan peninjauan kembali (PK) setelah kasasinya kandas.

"Saya sudah mengajukan PK lewat Pengadilan Agama Jakarta Selatan (PA Jaksel)," ujar kuasa hukum Machica, Rusdianto, saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2015).

Rusdianto mengatakan, dia mengajukan PK sekitar 2 bulan lalu karena hakim di tingkat kasasi dinilai melakukan kekhilafan. Salah satu kekhilafannya, menurut Rusdianto, karena hakim memutuskan pengesahan anak bukanlah kewenangan PA.

"Lalu kalau bukan kewenangan PA, kewenangan pengadilan mana? Harusnya kan diberitahu apakah ini kewenangan pengadilan negeri atau pengadilan tata usaha negara," ujar Rusdianto.

Dengan adanya putusan kasasi tersebut, Rusdian mengatakan ada kesimpangsiuran hukum. Dia juga mengatakan, para hakim agung yang mengadili kasasinya seolah tidak menuruti putusan MK

Putusan MK yang dimaksud yaitu MK menyatakan pasal 43 ayat (1) UU No 1/1974 tentang Perkawinan diubah dan menjadi:

Anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya serta dengan laki-laki sebagai ayahnya yang dapat dibuktikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau alat bukti lain menurut hukum mempunyai hubungan darah, termasuk hubungan perdata dengan keluarga ayahnya

"Ini hakim agungnya melawan norma dan sangat bertentangan!" tegas Rusdianto.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed