DetikNews
Selasa 21 April 2015, 18:17 WIB

Risau Ada Matahari Kembar di Polri, Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komjen BG Jadi Wakapolri

- detikNews
Risau Ada Matahari Kembar di Polri, Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komjen BG Jadi Wakapolri
Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil menggelar jumpa pers. Mereka menolak pencalonan Komjen Budi Gunawan (BG) menjadi Wakapolri. Koalisi Masyarakat Sipil terdiri atas ICW, Kontras, LBH Jakarta, MAPI (Masyarakat Peradilan Indonesia), ILR (Indonesia Legal Runtable), PSHK (Pusat Studi Hukum dan Kebijakkan), dan sejumlah relawan.

"Penting dicermati sekaligus prihatin pasca gagal dilantik Kapolri BG bukannya masuk kotak atau tidak masuk bursa justru kita ketahui malah masuk bursa Wakapolri bahkan disebut bahwa BG sudah dipilih Wakapolri oleh Wanjakti," jelas aktivis ICW Emerson Yuntho di Kantor Kontras, Jl Borobdur, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menurut Emerson, pemilihan Wakapolri tidak boleh didasari oleh politik dagang sapi atau balas budi. Jangan sampai posisi Wakapolri menjadi bargaining. Jokowi harus melihat pandangan publik.

"Ada potensi matahari kembar di tubuh Polri. Kami menolak pencalonan BG sebagai Kapolri maupun Kepala BIN atau jabatan publik lain dibawah Pemerintahan Jokowi-JK. Jangan sampai hal ini menimbulkan perspektif negatif pada pemerintahan Jokowi-JK," urai Emerson.

Sedang menurut aktivis LBH Jakarta Alghifari, pernah ditolak publik menjadi Kapolri. Jokowi dan JK mesti mempertimbangkan hal ini.

"Ini juga bentuk upaya kita mengingatkan kepada Kepolisian jangan sampai ada langkah-langkah yang tidak sesuai dengan instruksi dari Presiden. Berapa kali Jokowi berstatement, hentikan kriminilasisi tapi tidak dilakukan oleh institusi Polri, oleh Wakapolri dan Kabareskrim waktu itu. Jokowi sudah mengamini bahwa tidak ada masalah jadi ini juga ujian apakah polisi mentaati instruksi yang tersirat yang disampaikan oleh Pak Jokowi," urai Alghifari.

Sementara menurut Koordinator Kontras Haris Azhar, yang memimpin konsolidasi penataan birokrasi di dalam Polri adalah Wakapolri. Tentu posisi ini harus sejalan dengan seorang Kapolri. Jokowi-JK juga dinilai mesti mendengarkan suara publik.

"Dia harus konsisten untuk menolak BG jadi Kapolri dan menolak juga untuk jabatan yang lain. Jika ada kasus yang dianggap tidak tuntas itu salah mereka. Kalau KPK hanya dibilang bahannya hanya foto copyan. Kami mendesak Presiden agar BG tak dilantik jadi Wakapolri," urai Haris.

  • Risau Ada Matahari Kembar di Polri, Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komjen BG Jadi Wakapolri
  • Risau Ada Matahari Kembar di Polri, Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komjen BG Jadi Wakapolri

(ndr/mad)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed