KPK Pastikan Penyidikan Suryadharma Akan Berjalan Cepat

- detikNews
Selasa, 21 Apr 2015 12:27 WIB
SDA saat ditahan KPK (Rachman/detikFoto)
Jakarta - Pasca menahan Suryadharma Ali, KPK memastikan penyidikan kasus korupsi dana haji akan berjalan cepat. KPK mengusahakan agar penyidikan selesai sebelum masa tahanan Suryadharma habis.

"‎Keinginan kita memang bukan ini saja dipercepat. Saya enam bulan yang lalu sudah minta dipercepat. Karena prinsip di saya kasus yang enam bulan ke atas segera dipercepat‎," kata Wakil Ketua KPK, Zulkarnain di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Salah satu hal yang bisa membantu KPK untuk mempercepat proses penyidikan Suryadharma adalah audit kerugian negara dari BPKP. Namun, hingga saat ini BPKP belum menyelesaikan audit pengelolaan dana haji.

"‎Ada yang masih kita tunggu, semoga cepat. Kan ada audit dari BPKP. Itu kan ada pengembangan tahun mula-mula yang kita ketahui secara jelas adalah 2012-2013, rupanya perbuatan yang sama itu dinilai terjadi juga 2010-2011. Kan tambah audit lagi supaya komplit nilai kerugian supaya komplit jumlahnya, itu masalahnya," jelas Zul.

Sebenarnya, KPK sudah sejak lama ingin mempercepat kasus korupsi dana haji ini. Namun, SDA yang beberapa kali mangkir hingga akhirnya mengajukan praperadilan turut andil dalam memperlambat proses penyidikan.

"‎Mudah-mudahan karena yang lalu kita terhalang dia dipanggil tapi yang bersangkutan tidak hadir. Kan masalahnya tidak di internal kita tapi juga eksternal yang mempengaruhi. Kalau cepat diperiksa yang lalu, ya tentu akan lebih cepat juga BPKP lebih siap juga percepat juga dan kita lebih siap. Dan ada juga unsur kerugian negara yang pas itu, sebenarnya KPK sudah punya jumlah ini tapi lebih meyakinkan kalau jumlah itu dihitung oleh orang yang punya keahlian khusus di situ," tegasnya.

Sementara itu, Suryadharma Ali yang hari ini diperiksa sebagai tersangka tak mau memberikan komentar soal pemeriksaannya. Suryadharma hari ini hanya menjalani pemeriksaan singkat, hanya sekitar 2 jam saja.

(kha/bar)