Peringatan 60 Tahun KAA

Siap-siap Hari Senin Sejumlah Jalan di Jakarta Dialihkan

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Sabtu, 18 Apr 2015 14:38 WIB
Jakarta -

Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) selama 19-23 April mendatang. Menyambut para delegasi berbagai negara di Asia dan Afrika, Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas.

Melalui akun Twitter TMC Polda Metro Jaya pada Sabtu (18/4/2015) rekayasa lalu lintas dilakukan tidak hanya di sekitar JCC, tempat diselenggarakannya KAA, tetapi juga di berbagai titik lainnya seperti di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan dan kawasan Harmoni-Bundaran HI, Jakarta Pusat. Berikut skenario rekayasa lalu lintas di Jakarta selama 4 hari KAA berlangsung:

Alih Arus di Sekitar Senayan

1. Arus lalu lintas yang datang dari timur ke barat Jl Gatot Subroto dialihkan ke Jl Jenderal Sudirman-Sisingamangaraja dan seterusnya atau dialihkan melingkar Semanggi arah utara-Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan seterusnya.

2. Kendaraan roda empat dimasukkan ke GT Senayan.

3. Arus lalulintas yang ingin melintas gerbang pemuda diluruskan di sekat 2.

4. Arus lalulintas yang datang dari Jl Asia Afrika yang ingin melintas gerbang pemuda diluruskan arah Palmerah

5. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk Pintu 1 Senayan diluruskan arah JL Jenderal Sudirman-Semanggi dan seterusnya.

6. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk Pintu V Senayan diluruskan arah Jl Jenderal Sudirman-Semanggi dan seterusnya.

Pada hari berlangsungnya KAA di JCC seluruh pintu masuk maupun keluar ditutup sementara untuk umum, kecuali petugas yang menjaga kegiatan tersebut.

Alih Arus Pancoran-Kuningan-Blok M

1. Arus kendaraan yang datang dari arah MT Haryono menuju Gatot Subroto dialihkan ke kiri Pasar Minggu dan arus kendaraan yang datang dari Dr Supomo maupun dari Pasar Minggu diluruskan atau dialihkan ke Jl MT Haryono dan arus kendaraan yang dari Pasar Minggu bisa dialihkan ke Jl Duren Tiga.

2. Arus kendaraan datang dari arah Mampang menuju Rasuna Said bisa dialihkan melalui Jl Duren Tiga, Mampang Prapatan 7 (Jl Bangka) atau Jl Kapten Tendean-Wolter Monginsidi dan seterusnya.

3. Arus kendaraan yang datang dari Jl Panglima Polim menuju Jl Sisingamangaraja dialihkan ke Melawai atau Jl Sultan Iskandarsyah-Wijaya I atau melalui Jl Tirtayasa, adapun jalan lainnya melalui jalan ke kiri Kyai Maja-ke kanan Jl Trunojoyo-Wolter Monginsidi dan seterusnya.

Alih Arus Dukuh Atas-Monalisa

1. Arus kendaraan yang menuju Jl Jend Sudirman akan diarahkan ke Jl Trunojoyo dan ke Jl Kyai Maja

2. Arus kendaraan menuju Bunderan Senayan dialihkan ke Jl Hangtuah-Pakubuwono

3. Arus kendaraan di Jl Pintu I diputar balik Doorbrak FX menuju ke Jl Asia Afrika

4. Arus kendaraan di Semanggi Atas dari arah Grogol menuju ke Jl Jend Sudirman belakang GKBI akan dialihkan ke arah Cawang

5. Arus kendaraan di Semangi dari arah Cawang yang akan turun menuju Jl Jend Sudirman dialihkan ke arah Grogol

6. Arus kendaraan di sekitar pertigaan Benhil akan diputar balik mengarah ke Penjernihan

7. Arus kendaraan di pertigaan Meredien dari Jl Mas Mansyur menuju ke Jl Jend Sudirman akan diputar balik ke arah Tanah Abang

8. Arus kendaraan di pertigaan Danamon dari Casablanka (samping Gedung Sampoerna) akan diluruskan naik ke jalan layang mengarah Tanah Abang

9. Arus kendaraan di depan BNI Dukuh Atas untuk jalur lambatnya akan dialihkan turun mengarah ke Manggara-Tanah Abang-Pejompongan. Sementara itu kendaraan dari jalur cepat akan dialihkan ke arah Jl Blora

10. Arus kendaraan di pertigaan Chase Plaza yang akan menuju Jl Jend Sudirman akan diputar balik ke kawasan Setiabudi

Alih Arus Harmoni-Bundaran HI

1. Arus kendaraan dari Jl Medan Merdeka Utara menuju Jl Medan Merdeka Barat atau Thamrin dialihkan ke Jl Tanah Abang Barat atau Harmoni

2. Arus kendaraan dari arah Tanah Abang 2 (belakang Museum Taman Prasasti) dialihkan ke arah Harmoni

3. Arus kendaraan dari Jl Abdul Muis munuju bundaran air mancur akan diluruskan menuju Harmoni, begitu pula arah sebaliknya

4. Arus kendaraan dari Jl Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jl Agus Salim

5. Arus kendaraan dari Jl Sabang 2 dialihkan ke Jl Kebon Sirih-Tugu Tani

6. Arus kendaraan dari Jl Wahid Hasyim menuju Thamrin diputar balikkan

7. Arus kendaraan dari arah Sabang I dialihkan ke Jl Wahid Hasyim-Tugu Tani

8. Arus kendaraan dari arah Jl Kebon Kacang menuju Bundaran HI diputar balikkan

9. Arus kendaraan dari Jl Moch Yamin dialihkan ke kiri belakang Hotel Mandarin

10. Arus kendaraan dari Jl Imam Bonjol dialihkan ke Pamekasan-Jl Sumenep

(aws/gah)