DetikNews
Kamis 09 April 2015, 16:37 WIB

Pembangunan MRT

Jalur Bawah Tanah MRT di Jl Sudirman akan Tembus Sungai Ciliwung

Nala Edwin - detikNews
Jalur Bawah Tanah MRT di Jl Sudirman akan Tembus Sungai Ciliwung Foto: Pengerjaan Proyek MRT di Patung Pemuda
Jakarta -

Salah satu tantangan yang dihadapi di jalur bawah tanah MRT (rute Lebak Bulus-Bundaran HI) adalah sungai Ciliwung yang ada di Jl Sudirman. Rencananya jalur MRT akan menembus bagian bawah sungai tersebut untuk mencapai Bundaran HI.

"Kira-kira nanti jalur MRT-nya akan ada di bawah Sungai Ciliwung dengan kedalaman 10 meter," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M Nasir di lokasi konstruksi di Patung Pemuda Membangun di Senayan kepada detikcom, Kamis (9/4/2015).

Nasir mengatakan, konstruksi di bawah Sungai Ciliwung ini aman dan tidak akan menimbulkan masalah. "Di luar negeri malahan konstruksinya di bawah gedung-gedung bertingkat, tapi tentunya konstruksinya harus lebih dalam," katanya.

Nasir mengatakan, kedalaman stasiun bawah MRT di Jl Sudirman akan bervariasi. Dia mencontohkan atap stasiun bawah tanah MRT di Senayan kedalamannya sekitar 2,5 meter, sedangkan untuk Dukuh Atas atap stasiun MRT akan jauh lebih dalam.

"Di sekitar Senayan relatif lebih bersih dari utilitas seperti kabel, pipa dan juga jaringan lainnya. Kalau di Dukuh Atas lebih banyak utilitas jadi lebih dalam," katanya.

Ada 6 Stasiun MRT yang berada di bawah tanah ini adalah Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI. Rencananya untuk menghubungkan stasiun-stasiun tersebut akan dikerahkan 4 bor raksasa untuk mengebor Jl Sudirman. Dua bor akan mengebor dari bawah Patung Pemuda Membangun arah HI. Sedangkan dua bor lainnya akan mengebor dari HI arah ke Patung Pemuda Senayan.


(nal/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed