Menko Tedjo: Kami Sudah Siapkan Jawaban Soal Kapolri untuk DPR

- detikNews
Minggu, 29 Mar 2015 20:45 WIB
Jakarta - DPR meminta penjelasan pemerintah mengenai pembatalan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Menanggapi permintaan legislatif tersebut, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengaku sudah memiliki jawaban yang pas.

"Tergantung undangannya seperti apa, tetapi kami dari pemerintah sudah siapkan jawaban untuk DPR," ujar Tedjo usai menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Minggu (29/3/2015).

Tedjo belum memastikan apakah penjelasan itu langsung diberikan oleh Presiden Jokowi atau tidak. Tetapi dia menyebut kemungkinan itu bila memang dibutuhkan.

"Mengapa Presiden tidak jadi melantik Komjen Budi Gunawan, itu yang akan kita jelaskan," imbuh Tedjo.

Sementara itu diwawancara secara terpisah, Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa partainya masih bertanya-tanya akan batalnya pelantikan Komjen Budi Gunawan. Dia menyebut partainya tetap ingin Komjen BG dilantik dahulu sebelum dibatalkan.

"Sikap fraksi-fraksi paripurna, jelas, politik itu ada konstitusi. Presiden punya hak untuk usulkan nama calon Kapolri dan sudah lewati fit and proper DPR, maka yang ada adalah kewajiban Presiden untuk lantik," kata Hasto tadi siang di Bundaran HI, Jl Thamrin, Jakarta Pusat.

(bpn/bar)