DetikNews
Kamis 19 Maret 2015, 19:03 WIB

Polri: Chep Hermawan Danai Mereka yang Ingin Gabung ISIS di Suriah

- detikNews
Jakarta - Polri masih mendalami keterlibatan warga Cilacap, Chep Hermawan dalam organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Sementara ini Polri memastikan jika 'presiden' ISIS Indonesia itu sebagai pendana mereka yang akan bergabung dengan ISIS.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Rikwanto menjelaskan, Chep mensuport para mujahid untuk bertempur di Suriah‎.

"Memang dari beberapa pernyataan Chep ini di beberapa media, seolah-olah menyatakan 'kalau kalian mau bertempur atau berperang silahkan di sana (Suriah) saja jangan di Indonesia karena kestabilan Indonesia harus berjalan," terang Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

"Maka dengan dasar itu, ia mengongkosi para orang-orang yang akan ke sana," tambahnya.

Dengan pernyataan tersebut, polisi menganggap jika para WNI yang hijrah ke Suriah adalah atas keinginannya sendiri.

"Kita anggap dia tidak mengetahui itu, kita anggap dia sementara ini karena dasar daripada keinginannya untuk tidak membuat peperangan di sini, dia mengongkosi. Untuk saudara Chep Hermawan ini kita sedang lakukan pendalaman," tutupnya.

Chep Suherman diamankan Polres Cilacap karena membawa atribut ISIS dari LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Warga Cianjur, Jawa Barat itu sudah dilepaskan setelah polisi setempat memeriksanya selama 1x24 jam.

"Kami lepaskan karena kewenangan polisi untuk menahan orang hanya 24 jam," kata Kapolres Cilacap AKBP Andry Triaspoetra saat dihubungi wartawan, Rabu (13/8/2014).

Alasan polisi melepaskan Chep Hermawan bersama enam orang lainnya itu, karena tidak ada ancaman pidana yang dapat menjeratnya, baik dari UU Terorisme, KUHP atau kriminal biasa lainnya.


(mei/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed