Aktivis Sesalkan Pernyataan Menko Tedjo soal Tsunami Manusia ke Australia

- detikNews
Jumat, 13 Mar 2015 17:29 WIB
Jakarta - Menko Polhukam Tedjo Edhy mendapat sorotan dari Australia atas pernyataannya soal 'tsunami manusia'. Hal tersebut juga disayangkan oleh sejumlah aktivis kemanusiaan Indonesia yang tergabung dalam SUAKA. Menurut mereka pernyataan tersebut tidak manusiawi.

"Pernyataan Menkopolhukam itu sangat tidak manusiawi dan sebetulnya bertentangan dengan program pemerintah Indonesia dalam persoalan hubungan HAM, pencari suaka atau yang sudah mempunyai hak suaka politik," ujar Rafendi Djamin, Direktur Eksekutif Human Right Working Group (HRWG)kepada wartawan di Gedung Jiwasraya, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2015).

Menurutnya pernyataan tersebut selain bertentangan dengan HAM, juga akan semakin merusak hubungan antara kedua negara dalam kerjasama regional.

"Dalam waktu dekat akan ada pertemuan tingkat menteri untuk membahas mengenai persoalan ini (pencari suaka), yang jelas-jelas sangat kontra produktif untuk pemerintah Jokowi-JK. Jelas ini sangat memperburuk situasi yang sedang buruk di dunia internasional," jelasnya.

Atas dasar tersebut, SUAKA meminta agar Menko Tedjo mencabut kembali pernyataan tersebut dan diklarifikasi. Karena menurut mereka pernyataan tersebut tidak pantas dari berbagai macam ukuran untuk diucapkan oleh seorang pejabat tinggi.

"Penyataannya sangat tidak pantas dari berbagai macam ukuran secara moral dan HAM yang diucapkan oleh pejabat tinggi, apalagi usahanya seperti ngobrol di warung," tukasnya.

Dikutip dari situs News.com.au, Rabu (11/3), disebutkan bahwa Tedjo menyatakan bisa saja Australia terkena 'tsunami manusia' yang merupakan para pencari suaka. Ada 10 ribu pencari suaka yang bisa saja dibiarkan oleh pemerintah Indonesia untuk pergi ke Australia.

Menanggapi hal ini kemudian PM Australia Abbott menegaskan bahwa sikapnya selama ini bukan bermaksud untuk menantang. Dirinya tak ada niatan untuk beradu argumen apa pun, dengan siapa pun, termasuk pemerintahan Indonesia.

(rni/try)