detikNews
Rabu 04 Maret 2015, 12:13 WIB

Indonesian Sniper

Tembakan Salvo dan Tangis Keluarga Lepas Tatang ke Peristirahatan Terakhir

- detikNews
Tembakan Salvo dan Tangis Keluarga Lepas Tatang ke Peristirahatan Terakhir (Foto: Erna Mardiana/detikcom)
Bandung - Pemakaman Peltu (purn) Tatang Koswara, sniper Indonesia satu-satunya yang diakui dunia, dilakukan secara militer. Tatang dimakamkan di tempat pemakaman umum tak jauh dari rumahnya, Jalan Sayuran, Kompleks TNI Kavling Lumba-Lumba, Dayeuhkolot.

Prosesi pemakaman baru dilakukan pukul 11.15 WIB, Rabu (4/3/2015), karena menunggu anak kedua almarhum, Lia, dari Malang. Lia yang baru datang terlihat menangis dan sempat diizinkan melihat jenazah ayahnya untuk terakhir kalinya.

Upacara prosesi pemakaman dilakukan mulai di depan rumahnya.‎ Jenazah dibawa pakai peti mati yang ditutupi bendera merah putih. Pasukan yang membawanya berjalan kaki menuju pemakaman yang jaraknya sekitar ‎ 200 meter.

Upacara secara militer diteruskan di pemakaman. Terlihat istrinya Sudirahayu yang sejak awal terlihat tabah, tak kuasa menahan tangis. Begitu juga keempat anak dan cucu-cucunya. Mereka saling berpelukan, saling menguatkan satu sama lain. Anak bungsu almarhum, Tanti (37) terlihat yang paling terpukul. Ia terus menangis tak henti-hentinya, apalagi saat jenazah almarhum dimasukkan ke liang lahat.

Tubagus Apdi Yudha, anak ketiga almarhum pun tak kuasa menahan tangis saat secara simbolis menutup liang lahat dengan tanah. "Pak, sing tenang," ujarnya lirih.

Tak hanya keluarga, sekitar seratus kerabat dan juga tetangga ikut mengantarkan jenazah almarhum ke pemakaman. Cuaca yang awalnya mendung, saat prosesi pemakaman cukup terasa panas.


  • Tembakan Salvo dan Tangis Keluarga Lepas Tatang ke Peristirahatan Terakhir
    (Foto: Erna Mardiana/detikcom)
  • Tembakan Salvo dan Tangis Keluarga Lepas Tatang ke Peristirahatan Terakhir
    (Foto: Erna Mardiana/detikcom)

(ern/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com