detikNews
Rabu 04 Maret 2015, 09:46 WIB

Indonesian Sniper

Pesan Tatang Koswara Untuk Para Sniper TNI: Sabar dan Tenang

- detikNews
Pesan Tatang Koswara Untuk Para Sniper TNI: Sabar dan Tenang Tatang Koswara (kiri) di helikopter (Foto: repro dok pribadi)
Jakarta - Sniper legendaris Indonesia Tatang Koswara memang telah tutup usia. Namun sebelum wafat, almarhum sempat berpesan soal keinginannya agar pendidikan sniper tak hanya 2-3 bulan namun hingga setahun.

"Dia selalu bilang sama saya, karena backgroundnya sniper, penembak jitu. Dia bilang kepada Saya agar pendidikan sniper atau penembak jitu yang selama ini waktunya cuman 2-3 bulan. Kalau bisa dia inginnya pendidikan sniper itu 1 tahun," ujar Letda Sahlan Rambe, Paur Iisabra TNI saat dihubungi detikcom, Selasa (3/3/2015). Sahlan mewakili Mabes TNI untuk mendampingi Tatang selama di Jakarta.

Menurut Tatang seperti yang disampaikan kepada Sahlan, pendidikan sniper tersebut bukan saja hanya menembak tetapi perlu ada kesabaran dan ketenangan. Menurutnya bila hanya menembak saja namun tak punya kesabaran dan ketenangan itu kurang lengkap.

"Karena satu peluru sniper itu satu nyawa. Jadi gak boleh meleset," jelasnya.

Intinya harapan Tatang sebelum wafat adalah agar pendidikan sniper itu harus 1 tahun. Bukan hanya belajar 2-3 bulan saja karena pendidikan sniper butuh waktu yang lama.

"Sniper inikan bukan hanya menembak saja tapi perlu kesabaran dan ketenangan. Karena kalau hanya menembak saja kalau gak punya ketenangan itu kurang lengkap," tutupnya.


  • Pesan Tatang Koswara Untuk Para Sniper TNI: Sabar dan Tenang
    Tatang Koswara (kiri) di helikopter (Foto: repro dok pribadi)
  • Pesan Tatang Koswara Untuk Para Sniper TNI: Sabar dan Tenang
    Tatang Koswara (kiri) di helikopter (Foto: repro dok pribadi)

(mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com