detikNews
Rabu 04 Maret 2015, 08:47 WIB

Indonesian Sniper

Tatang Koswara, Sniper Legendaris Indonesia yang Tak Pelit Ilmu

- detikNews
Tatang Koswara, Sniper Legendaris Indonesia yang Tak Pelit Ilmu
Jakarta - Meski hanya bertemu beberapa saat saja, namun Letda Sahlan Rambe belajar banyak dari Tatang Koswara, sniper legendaris Indonesia. Menurut Sahlan, ia melihat bahwa jiwa patriotisme dari Tatang sangat luar biasa.

"Beliau seorang Purnawirawan yang pensiun tahun 94, tapi dia itu kepingin melatih para prajurit-prajurit TNI. Ilmu (menembak) itu ingin dia tuangkan," ujar Paur Iisabra TNIĀ Letda Sahlan Rambe, saat dihubungi detikcom, Selasa (3/3/2015). Sahlan mewakili Mabes TNI untuk mendampingi Tatang selama di Jakarta.

Hal tersebut menurut Sahlan terlihat dengan kesediaan Tatang datang ke Pusdik TNI ketika diajak anak buahnya dulu untuk mengajar menembak pada junior-juniornya. Dan menurut Sahlan, itulah nilai tambah bagi almarhum yang ia lihat.

"Dia tidak pelit dalam menyalurkan ilmu," tegasnya.

Nilai tambah berikutnya yang dimiliki almarhum menurut Sahlan adalah, ketika ia berdagang dan menyepatkan diri untuk memberikan ilmu. Itu merupakan jiwa seorang patriot dan itu dimiliki oleh Tatang Koswara.

"Dia benar-benar seorang patriot," ucapnya. Nama Tatang masuk dalam buku Sniper Training, Technique and Weapon yang ditulis Peter Brookesmith tahun 2000. Peter menyebut Tatang termasuk 14 penembak jitu terhebat sepanjang masa.
  • Tatang Koswara, Sniper Legendaris Indonesia yang Tak Pelit Ilmu
  • Tatang Koswara, Sniper Legendaris Indonesia yang Tak Pelit Ilmu

(mpr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com