Diusulkan Jadi Kapolri, Badrodin Haiti Diharap Bisa Tegas dan Benahi Polri

ADVERTISEMENT

Diusulkan Jadi Kapolri, Badrodin Haiti Diharap Bisa Tegas dan Benahi Polri

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Rabu, 18 Feb 2015 15:55 WIB
Badrodin Haiti (Lamhot/ detikcom)
Jakarta -

Presiden Jokowi mengusulkan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti menjadi Kapolri. Anggota tim 9 Imam Prasodjo berharap calon Kapolri yang baru ini bisa tegas dan melakukan pembersihan di tubuh Polri.

"Kita dorong Pak Badrodin bisa lebih tegas dan lakukan pembenahan-pembenahan di Polri," ucap Imam di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Imam bersama para alumni UI menggelar aksi dukungan untuk KPK. Mereka berkumpul sejak pukul 15.00 WIB di depan Gedung KPK.

Sosiolog UI itu juga berharap hubungan Polri dan KPK bisa membaik di bawah kepemimpinan Badrodin. "Kita lihat apakah Pak Badrodin Haiti bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mengembalikan hubungan antara Polri dengan KPK," ucapnya.

Badrodin Haiti juga diharap bisa melakukan langkah pencegahan upaya kriminalisasi KPK. Misalnya saja bisa meluruskan kasus 21 penyidik KPK yang saat ini sedang disidik oleh Bareskrim Polri karena dugaan penggunaan senpi secara ilegal.

"Mudah-mudahan dengan adanya keputusan Badrodin Haiti menjadi Kapolri maka dia bisa melakukan langkah-langkah pencegahan upaya kriminalisasi jauh lebih tegas," ujar Imam.

"Bagaimana kriminalisasi itu terhenti total, kemudian kalau perlu nanti setelah diganti Kapolri bisa SP3-kan semua orang yang menjadi tersangka dengan cara-cara yang kurang substansial," tambahnya.

 

Siang tadi Presiden Jokowi memutuskan untuk tidak melantik Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri. Memperhatikan suara rakyat, Jokowi memutuskan mengusulkan nama baru calon Kapolri yakni Komjen Badrodin Haiti.

(slm/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT