DetikNews
Selasa 20 Januari 2015, 18:13 WIB

Tragedi AirAsia

Foto saat Tertawa Membuat Jenazah Andreas Widjaja Dapat Teridentifikasi

- detikNews
Foto saat Tertawa Membuat Jenazah Andreas Widjaja Dapat Teridentifikasi Dok Detikcom
Surabaya - Setelah dua hari tanpa hasil, tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jatim akhirnya dapat melakukan identifikasi terhadap jenazah AirAsia yang ada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim. Ada satu jenazah yang dapat diidentifikasi hari ini.

"Tidak terbantahkan lagi, jenazah dengan label B045 teridentifikasi atas nama Andreas Widjaja, laki-laki usia 32 tahun, warga Surabaya," kata Ketua Tim DVI Polda Jatim Kombespol Budiyono dalam konferensi pers di Polda Jatim, Selasa (20/1/2015).

Kepastian identitas Andreas Widjaja, kata Budiyono, dipastikan dari data primer yakni kecocokan DNA dengan ayah dan ibu korban. Sementara data pendukung yakni data sekunder, kata Budiyono, berasal dari medis dan antroplogi (jenis kelamin, usia, tinggi badan), pemeriksaan gigi, dan properti.

"Properti dalam hal ini keluarga mengenali pakaian dan celana korban melalui CCTV. Dan satu lagi, ponsel yakni BlackBerry Q10 yang ditemukan diaku oleh keluarga merupakan milik korban," ujar Budiyono.

Khusus untuk pemeriksaan gigi, Budiyono mengatakan bahwa kecocokan gigi didapat dengan membandingkan gigi korban dengan foto korban semasa hidup. Foto korban yang tertawa memperlihatkan adanya kesamaan dengan gigi korban.

"Gigi tidak lengkap. Foto korban semasa hidup yang tertawa memperlihatkan adanya taring kiri bawah ketiga yang posisinya terjadi rotasi. Cocok dengan gigi korban saat dilakukan pemeriksaan gigi," kata Budiyono.

Dengan satu jenazah yang teridentifikasi, maka sudah ada 46 jenazah korban AirAsia yang sudah teridentifikasi dari 53 jenazah yang sudah ditemukan. "Masih ada tujuh jenazah lagi yang masih harus kami identifikasi," tandas Budiyono.


  • Foto saat Tertawa Membuat Jenazah Andreas Widjaja Dapat Teridentifikasi
    Dok Detikcom
  • Foto saat Tertawa Membuat Jenazah Andreas Widjaja Dapat Teridentifikasi
    Dok Detikcom

(iwd/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed