AirAsia Ditemukan

KRI Bung Tomo Temukan Benda Terindikasi QZ8501, Kapal MGS Geo Survei Merapat

- detikNews
Sabtu, 03 Jan 2015 01:50 WIB
KRI Bung Tomo (Foto:Dispen Maritim)
Pangkalan Bun, - KRI Bung Tomo yang melakukan penyisiran di zona 4 atau dekat dengan Pangkalan Bun dikabarkan menemukan benda besar terindikasi bagian badan pesawar AirAsia QZ8501. Basarnas langsung memerintahkan Kapal MGS Geo Survei untuk merapat ke KRI Bung Tomo karena peralatan yang lebih memadai.

“Kami diminta Basarnas untuk bergeser 15 km ke arah timur, karena dikabarkan ada penemuan benda,” kata Party Chief (ketua tim) misi pemetaan ini, Muhammad Aga Ridha Aldila, Jumat (2/1/2015) pukul 20.30 WIB.

Aga menjelaskan, Kapal MGS yang membawa peralatan dan ahli untuk melakukan pemetaan bawah laut langsung bergerak menuju posisi keberadaan KRI Bung Tomo. Pasalnya, KRI Bung Tomo tidak dilengkapi dengan ROV (Remotly Operating Vehicle) yang bisa mengambil data visual berupa foto dan video di bawah laut.

“KRI Bung Tomo tidak dilengkapi ROV sehingga tidak bisa mengambil data visual. Basarnas meminta kita menuju ke sana karena kita membawa ROV,” jelas Aga.

Namun sekali lagi, belum terkonfirmasi apakah benda yang ditemukan KRI Bung Tomo itu adalah bagian dari badan pesawat AirAsia QZ 8501. Kapal MGS Geo Survei yang nantinya akan mengambil data visual pun harus melaporkan terlebih dahulu ke Basarnas sebelum dinyatakan benda itu benar merupakan bagian pesawat nahas itu atau bukan.






(kha/slm)