DetikNews
Senin 22 Desember 2014, 23:40 WIB

Lurah Susan, Maknai Hari Ibu Sebagai Emansipasi Wanita

- detikNews
Lurah Susan, Maknai Hari Ibu Sebagai Emansipasi Wanita
Jakarta - Lu‎rah Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Susan Jasmine Zulkifli memaknai momentum hari ibu untuk melihat sejauh mana emansipasi wanita. Dia mengajak kaum perempuan, khususnya para ibu di wilayah Jakarta, agar jangan pernah merasa minder untuk mengambil tantangan sebagai pemimpin.

"‎Emansipasi wanita terlihat dengan banyaknya lurah-lurah perempuan, kita merasakan makna hari ibu ini bahwa kita para wanita ya bisa juga mengambil peranan yang sama seperti pria," kata Susan sebelum menghadiri acara nonton bareng film Cahaya dari Timur: Beta Maluku, di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/12/2014).

Susan berujar perempuan dan pria punya posisi yang sejajar. Karena itu para perempuan juga pantas menduduki posisi yang strategis dan penting. Lurah ‎berambut pendek dan berkacamata ini menuturkan kebangkitan perempuan di lingkungan Pemprov DKI sudah mulai terlihat.

"Di DKI sudah lumayan. Di lingkungan Jakarta Selatan saja, kita ada 15 orang lurah perempuan dari total 65 lurah laki-laki," tuturnya.

"Harapan (bagi para perempuan) kita jangan beranggapan bahwa kita tidak mampu. Pikiran bahwa kita tidak ‎itu harus dibuang jauh, kita bisa fight. Buktinya lurah, saya cakupannya wilayahnya cukup luas tapi saya bisa. Saya juga punya kali (di wilayah Lenteng Agung) dan kita tanggung jawab memecahkan masalah di wilayah," imbuhnya.

‎Untuk memperingati Hari Ibu, Susan mengaku menelepon ibunya yang tinggal di Kelapa Gading pada pagi tadi. Menurutnya ada banyak pelajaran yang dia dapat dari ibundanya, Mieke Kaunang, 71 tahun. Ajaran dari ibunya, yang paling dinilainya membentuk karakternya sekarang adalah soal kedisiplinan.

"Kita diajari bertanggungjawab dalam segala hal, jadi kalau dikasih masalah ya harus selesaikan sendiri. ‎Makanya tadi aku ucapin via telepon, bilang mama selamat hari ibu, aku cinta ibu," ucapnya tersenyum.


(ros/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed