Misteri Tjipetir di Eropa

Gaya Elegan Para Meneer dan Petinggi Pabrik Tjipetir Saat Sedang Jaya

- detikNews
Kamis, 04 Des 2014 19:41 WIB
Tropenmuseum
Jakarta - Pabrik getah perca di Cipetir, Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pernah mengalami masa jaya. Produksi mereka menjadi primadona hingga ke belahan bumi Eropa. Tak heran, dalam sebuah foto, ada pose beberapa petingginya yang tampil elegan.

Dalam sebuah foto yang diperoleh Budi Prayudi, pengawas sekaligus penanggung jawab pabrik Gutta Percha Cipetir, terlihat beberapa pria bule yang diyakini sebagai pemilik pabrik asal Belanda. Mereka berpose di depan kantor induk Cipetir.

Di barisan depan, ada lima petinggi pabrik yang duduk. Para pria itu memakai setelan jas putih lengkap dengan dasi gelap. Sebagian pimpinan ada yang menyilangkan kaki lalu tubuh bersandar ke kursi, sisanya berpose biasa sambil menatap serius ke kamera.

Di bagian belakang, ada 16 orang yang berjajar membentuk barisan sambil menghadap kamera. Sebagian di antara mereka ada warga pribumi yang tampil elegan dengan jas dan dasi. Ada yang tersenyum, tak sedikit juga hanya memasang mimik wajah serius.

Menurut Budi, foto ini merupakan dokumentasi Tropenmuseum di Belanda. Dia mendapatkannya dari informasi website resmi museum tersebut. Diduga, pengambilan foto dilakukan saat awal pabrik berdiri, tahun 1921.

Selain foto itu, ada juga gambar lain yang menunjukkan suasana kerja di dalam pabrik dan wajah kepala pabrik pertama.

"Sejak diaktifkan pada tahun 1921, perkebunan Tjipetir dipegang oleh WN Belanda oleh Administratur Van Lennep (warga belanda) menjadi sentra utama Gutta Percha. Dengan luas 782 hektar saat itu kini hanya tersisa 282 hektar saja," terang Budi kepada detikcom di lokasi pabrik, Kamis (4/12/2014).

Kini, area tempat foto diambil itu masih berdiri. Namun karena sudah beberapa kali direnovasi, ada perubahan di bagian tertentu, seperti pintu dan jendela.

"Sekarang sudah nggak dipakai lagi. Kalau dulu masih buat kantor," terangnya.



(mad/mad)