ADVERTISEMENT

Hadiri Konferensi Pangab, Moeldoko Ajak Amerika Perhatikan Konflik Laut Cina

- detikNews
Kamis, 06 Nov 2014 23:58 WIB
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko baru saja kembali dari Brunei Darussalam untuk mengikuti Konferensi Panglima Angkatan Bersenjata. Dari hasil konferensi, Moeldoko pun memastikan perairan Natuna yang bersinggungan dengan Laut Cina Selatan dalam keadaan aman.

Meski tidak terlibat secara langsung pada konflik yang melibatkan Tiongkok dengan 4 negara Asean itu, Indonesia perlu waspada karena perairan Natuna letaknya berdekatan dengan Laut Cina Selatan. Namun Moeldoko meminta agar semua pihak tidak usah khawatir mengenai Natuna.

"Blok Natuna aman sementara, tapi kita akan selalu evaluasi. Kita minta teman-teman Amerika kerjasama melihat perkembangan (konflik) di Laut Cina," ungkap Moeldoko saat menghandiri Indo Defence 2014 Expo&Forum di JIExpo Kemayoran, Jakpus, Kamis (6/11/2014).

Untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan, TNI berencana akan menambah armada kekuatan di wilayah perairan Natuna. Helikopter Apache yang saat ini sedang dipesan Indonesia akan menjaga kawasan perbatasan tersebut.

"Untuk bangun keamanan di Natuna kita tunggu Apache. Kita nunggu Apache datang," kata Jenderal Bintang 4 itu.

Moeldoko pun mengungkapkan ada beberapa hal yang dibicarakan dalam Chief of Defense (CHOD) Conference yang dihadiri oleh 26 Pangab itu. Salah satunya adalah diskusi mengenai kerjasama militer ke depan.

"Panglima bilateral meeting dengan sebelas negara. Diskusi kerjasama militer. Prospek ke depan mendekatkan dua angkatan bersenjata," jelas Moeldoko.

Mantan Pangdam Siliwangi ini juga mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung pada 5 November lalu itu, para Pangab juga membicarakan mengenai perkembangan ancaman ke depan.

"Ada paradigma baru. Dulu perang banyak dilakukan oleh tentara, sekarang ada fenomena baru (perang dilakukan) oleh sipil, hati-hati sipil. Ingin tau contohnya, ISIS," tutupnya.

(ear/mpr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT