Kebo Bule Mati Ditusuk, Keraton: Ada yang Setega itu, Kami Ikhlas

- detikNews
Rabu, 05 Nov 2014 12:23 WIB
Solo - Bagong, salah satu kerbau bule milik Keraton Kasunanan Surakarta, mati setelah ditusuk benda tajam orang. Pihak keraton mengaku iklhas.

"Kami ikhlaskan saja. Kami memang kecewa dan menyayangkan ada orang setega itu menyiksa hewan tak bersalah, tapi kami serahkan saja semua urusan ini kepada yang punya nyawa semua makhluk, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar kerabat Keraton Surakarta, Satryo Hadinagoro, Rabu (5/11/2014).

Sekitar dua pekan lalu, Bagong menjadi korban orang iseng. Dia ditemukan terluka parah di bagian lambung akibat tertusuk benda tajam. Satryo mengaku masih menyimpan besi yang digunakan untuk menusuk Bagong. Besi tersebut menempel tertancap di bagian lambung cukup dalam.

"Sebetulnya, kami menemukan besinya itu masih tertancap dan sekarang kami simpan. Kami (tak sampaikan) menjaga situasi," kata Satryo.

Sebelumnya disampaikan, di lokasi tak ditemukan besi yang dipakai menusuk Bagong. Hanya disebutkan, kerbau keturunan kerbau Kyai Slamet itu terluka cukup dalam di bagian lambung.

Bagong mati di kandangnya, dekat areal persawahan di Grogol, Sukoharjo, sekitar 5 km dari kompleks keraton, Selasa (4/11) malam. Setelah dikafani, bangkai kerbau pusaka itu dimakamkan.

(mbr/try)