Mengenal Kabinet Jokowi

Rini Soemarno, Orang Dekat Mega Masuk Kabinet Lagi Jadi Menteri BUMN

- detikNews
Senin, 27 Okt 2014 00:49 WIB
Rini Soemarno (tengah)
Jakarta - Mantan Kepala Staf Kantor Transisi Jokowi-JK, Rini Soemarno menempati posisi Menteri BUMN di Kabinet Kerja. Rini kembali masuk kabinet setelah pada era Presiden Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Rini Mariani Soemarno adalah lulusan Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat yang berusia 56 tahun. Ia berkarir di Citibank hingga menduduki posisi Vice President pada tahun 1989.

Rini kemudian berpindah ke PT Astra International dan menjabat sebagai Direktur Utama pada tahun 1998-2009. Ia juga pernah menjadi Komisaris PT Agrakom pada tahun 2000.

Mantan istri Soewandi ini menjabat sebagai Menperindag pada periode 2001-2004. Setelah tak lagi menjabat sebagai menteri, Rini kembali sibuk berbisnis. Ia menjabat sebagai Presiden Direktur PT Kanzen Motor Indonesia pada tahun 2005 dan Komisaris Aora TV sejak 2008.

Rini dikenal sebagai salah satu orang dekat Megawati. Nama perempuan kelahiran Maryland, 9 Juni 1958 ini pun kembali mencuat saat ditunjuk Jokowi untuk menjadi Kepala Staf Kantor Transisi. Sejak saat itu, Rini pun selalu berada di ring 1 Jokowi hingga dilantik jadi presiden dan menggodok nama-nama menteri.



(dnu/jor)