DetikNews
Minggu 19 Oktober 2014, 08:30 WIB

Mantan Menakertrans Era Orde Baru Harun Zain Wafat

- detikNews
Jakarta -

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Prof Sutan Harun Al-Rasjid Zain meninggal dunia pagi tadi. Almarhum meniggal dalam usia 87 tahun.

"Almarhum meninggal sekitar pukul 05.00 WIB," ucap salah seorang kerabat Yenny Astaasta Tazir kepada detikcom, Minggu (19/10/2014).

Yenny mengatakan, almarhum yang juga mantan Gubernur Sumatera Barat itu meninggal karena sakit setahun terakhir. Alamat rumah duka berada di Jalan Galuh II No 16 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kalau pemakamannya saya belum dapat informasi," ucap Yenny.

Prof. Sutan Harun Al-Rasjid Zain yang bergelar Datuk Sinaro adalah mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Pembangunan III, tepatnya masa jabatan 1987-1983.

Ia pernah menjabat Rektor Universitas Andalas sampai dengan tahun 1966. Kemudian tahun 1966 ditunjuk menjabat Gubernur Sumatera Barat selama dua periode sampai tahun 1977. Usai menyelesaikan pendidikan di Amerika Serikat, ia dipercaya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Pembangunan III.

Setelah menyelesaikan tugas di Kabinet, ia menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia tahun 1983-1988 yang pada masa itu dipimpin oleh M. Panggabean.


(iqb/rmd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed