Ketika Jokowi 'Belepotan' Menyebut Nama Zuckerberg

- detikNews
Selasa, 14 Okt 2014 13:01 WIB
Jakarta -

Ini cerita yang tersisa dari kedatangan Mark Elliot Zuckerberg menemui Jokowi pada Senin (13/10) kemarin. Sekitar pukul 08.45 WIB sebuah mobil sedan berwarna hitam terparkir di halaman Balai Kota dan turunlah pendiri sekaligus CEO Facebook itu bersama sejumlah pengawal dan stafnya.

Tanpa banyak kata yang terucap, rombongan langsung memasuki ruang kerja Jokowi. Sang presiden terpilih yang mengenakan kemeja putih berlapis jas hitam itu langsung menyambut tamunya sambil menyunggingkan senyum.

Usai keduanya bertemu selama kurang lebih 1 jam, Jokowi dan Zuck, sapaan akrab miliarder 30 tahun itu, keluar dari ruangan untuk menemui wartawan yang telah menunggunya. Riuh ramai suasana menggema di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Baru saja saya dengan Mark Zuck.. Zuckerb...," ujar Jokowi terbata saat membuka konferensi pers pagi itu.

"Zuckerberg, Pak," celetuk salah seorang wartawan.

"Apa?" tanya mantan Walikota Surakarta itu sembari mendekatkan telinganya ke arah wartawan.

Wartawan pun mengejakannya untuk Jokowi. Zuck yang berdiri di sebelahnya hanya tersenyum melihat tingkah laku pria asal Solo yang tampak kesulitan mengeja namanya.

"Ya pokoknya Mark deh biar nggak salah eja," ujar Jokowi terkekeh.

"Baru saja saya dengan Mark sudah berbicara banyak tentang pengembangan Facebook di Indonesia dan tadi kita berbicara memanfaatkan Facebook dalam rangka menggerakkan, mengembangkan ekonomi mikro dan kecil," lanjut suami Iriana Widodo tersebut dengan memasang raut muka yang serius.

Jokowi berpidato singkat dengan menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan Zuck dengan bahasa Inggris. Pria asal California itu juga sempat menyampaikan maksud kedatangannya ke Indonesia.

Pria brilian yang drop out dari Universitas Harvard tersebut ingin menjembatani komunikasi antar para pemimpin di Indonesia dengan rakyatnya via Facebook.

Di situs pronounceitright.com, nama Mark Zuckerberg memang dilafalkan berbeda dari cara penulisannya. Khusus untuk Zuckerberg, dibaca Zakerberg.

(aws/mad)