DetikNews
Sabtu 11 Oktober 2014, 22:41 WIB

Jet Milik JK Bawa Jenazah Bapak Trembesi dari Singapura ke Makassar

- detikNews
Jet Milik JK Bawa Jenazah Bapak Trembesi dari Singapura ke Makassar Foto: M Nur Abdurrahman (detikcom)
Makassar, -

Jenazah Andi "Onny" Tenri Gappa, tokoh penghijauan asal Makassar dijemput khusus dari RS Mount Elizabeth Singapura menggunakan jet pribadi milik Jusuf Kalla. Pesawat mendarat di Pangkalan Udara TNI AU Sultan Hasanuddin, Makassar.

Istri almarhum Andi Soraya Matalatta dan putranya Andi Ahmad Yani Gappa, beserta para keluarganya yang menjemput jenazah dari Singapura tidak kuasa menahan rasa dukanya yang sangat mendalam. Pesawat mendarat sekitar pukul 19.35 WITA, Sabtu (11/10/2014).

Jenazah tokoh berjuluk Bapak Trembesi ini disambut Gubernur Sulsel dan wakilnya, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu'mang, Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, bersama ribuan kerabat dan keluarga Pak Onny yang datang dari berbagai daerah.

Selain itu ratusan karyawan Bank Panin dan puluhan bikers dari komunitas HDCI Makassar dan komunitas BMW Motorad ikut serta mengantar jenazah Pak Onny ke pemakaman. Puluhan anggota TNI Angkatan Darat dari Brigif Kariango juga ikut hingga ke pemakaman.

Jenazah Pak Onny yang diantar ribuan pelayat tiba di pemakaman keluarga Andi Matalatta, di Tanah Maridie, Kab. Barru, Sulsel, sekitar pukul 23.00 WITA.

"Sulsel kehilangan tokoh terbaiknya, kita kehilangan sahabat yang selalu mau melihat lingkungannya baik, semua pohon di jalan toll, bandara yang kita lihat hijau ini berkat jasa-jasa beliau," ujar Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya.

Pak Onny, semasa hidupnya dikenal sebagai tokoh di balik penghijauan di beberapa daerah di Indonesia, dengan menyebarkan dan menanam jutaan pohon trembesi. Selain pohon-pohon trembesi, beliau juga membagi-bagikan jutaan bibit pohon Sengon, pohon Rambutan dan Mangga.

Sebagai aktivis lingkungan hidup, beliau beberapa kali diundang khusus oleh Presiden SBY untuk berkonsultasi masalah penghijauan dan program pemerintah menanam 1 miliar pohon.


(mna/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed