DetikNews
Jumat 10 Oktober 2014, 11:54 WIB

Sidang Korupsi Perpustakaan UI

Saksi Sebut Proyek UI Skenario, Majelis Hakim: Skenario UI atau Saudara?

- detikNews
Jakarta - Direktur PT Perdana Internasional Persada Irawan Widjaja kembali menjadi saksi dalam sidang kasus Perpustakaan UI. Irawan menyebut keterlambatan pengadaan barang di Perpustakaan UI tak lepas dari sebuah skenario.

"Saya merasa keterlambatan pengadaan ini bukan kesalahan saya. Di situ dibuat skenario di UI," kata Irawan, dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (10/10/2014). Hal ini terjadi dalam sidang lanjutan dengan terdakwa mantan Wakil Rektor UI Tafsir Nuchamid.

"Ini skenario semua kok. Skenario UI atau saudara?" sindir Ketua Majelis Hakim Sinung Hermawan.

"Itu UI yang mulia," jawab Irawan.

Sinung menyebut Irawan salah satu pihak yang bertanggung jawab atas pengadaan barang di UI. Ia pun meminta jaksa untuk menindaklanjuti.

"Silakan nanti saudara jaksa jaksa yang menelusuri," tutur Sinung.

Irawan dan pihak PT Makara diminta membayar denda masing-masing Rp 500 juta atas keterlambatan pengadaan barang di Perpustakaan UI. Namun Irawan menolak membayar denda tersebut karena merasa tak bersalah dan hanya dijebak oleh pihak UI.

Saksi yang merupakan freelance di PT Makara, Suparlan, mengatakan, Irawan termasuk tamu khusus di UI. "Dia kalau ke UI saja naik lift khusus," ujar Parlan.

Pada persidangan sebelumnya, hakim dan kuasa hukum Tafsir meminta Irawan untuk dijadikan tersangka.

"Dalam proses ini, saudara ikut terlibat, seharusnya saudara ikut diproses juga. Tergantung dari JPU saja apakah mau ditindaklanjuti," kata ketua majelis hakim Sinung Hermawan, Rabu (1/10).


(rna/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed