Jadi Tersangka, Sitok Srengenge Akan Diperiksa Pekan Depan

- detikNews
Selasa, 07 Okt 2014 15:00 WIB
Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menetapkan penyair Sitok Srengenge sebagai tersangka dalam kasus dugaan persetubuhan di luar nikah saat korban mahasiswi UI tak berdaya. Polisi rencana akan memeriksa Sitok sebagai tersangka pada awal minggu depan.

"Minggu ini dilayangkan panggilan untuk yang bersangkutan. Awal minggu depan diharapkan bisa hadir diperiksa sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto di kantornya, Selasa (7/10/2014).

Kasus ini dilaporkan korban ke polisi pada bulan November tahun 2013 lalu. Setelah sempat dikabarkan kasus ini akan di SP3, polisi kemudian menetapkan Sitok sebagai tersangka setelah meminta keterangan dari sejumlah saksi ahli. Saksi ahli yang terakhir adalah ahli antropologi hukum dan ahli hukum‎ perspektif perempuan.

"Keputusan untuk statusnya meningkat menjadi tersangka, berdasarkan keterangan-keterangan yang kita peroleh dari peristiwa yang ada, 7 saksi dari rekan-rekan saudara korban. 4 saksi dari ahli pidana. Yang terakhir kita periksa juga saksi ahli antropologi hukum dan saksi ahli perspektif perempuan," ujarnya.

"Ini kasusnya unik, namun berkat ketelitian dan pendalaman dengan sejumlah ahli, akhirnya status SS bisa kami tingkatkan menjadi tersangka dan minggu depan kami periksa sebagai tersangka," sambungnya.

(idh/mad)