Ahok Mundur dari Partai, Gerindra Dinilai Gali Lubang Sendiri

- detikNews
Rabu, 10 Sep 2014 10:57 WIB
Jakarta -

Wagub DKI yang juga Ketua DPP Partai Gerindra Basuki T Purnama mengambil sikap tegas dengan mundur dari partai karena merasa sudah tidak satu visi lagi. Keputusan Ahok ini dinilai akan mempengaruhi citra Partai Gerindra yang dianggap menggali lubang sendiri.

"Gerindra akhirnya gali lubang untuk dirinya sendiri ketika Gerindra selalu banggakan kinerja Ahok. Ini akan berpengaruh dari sisi branding. Gerindra itu partai baru, miskin kader selain Prabowo dan Ahok," ujar pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya saat berbincang dengan detikcom, Rabu (10/9/2014).

Yunarto melihat bahwa saat ini suara partai politik hanya terbatas sebagai suara ketum dan elit-elit partai. Suara kader di lapangan seperti Ahok tidak didengar sehingga mantan Bupati Belitung Timur itu merasa teralienasi dari Partai Gerindra.

"Ini tamparan besar bukan cuma buat Gerindra atau Koalisi Merah Putih, tapi untuk sistem kepartaian di Indonesia," ucap Direktur Eksekutif Charta Politika ini.

Ketegangan antara Ahok dengan Gerindra berawal dari pembahasan RUU Pilkada. Ahok tak sependapat dengan sikap politik Gerindra yang mendukung Pilkada lewat DPRD. Hari ini, mantan politikus Partai Golkar ini akan menyerahkan surat pengunduran diri ke Gerindra.

"Hari ini saya siapkan surat pengunduran diri untuk keluar, akan saya kirim ke DPP untuk nyatakan berhenti dan keluar dari partai Gerindra,” kata Ahok kepada wartawan usai meresmikan layanan taksi bagi kaum difabel di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

(imk/erd)