Jokowi Sebut Komunikasi ke PAN dan Demokrat Masih Berlanjut

- detikNews
Senin, 25 Agu 2014 01:12 WIB
Jakarta - Elite PAN dan ‎Partai Demokrat membantah akan berlabuh ke kubu pasangan presiden/wapres terpilih sebagaimana klaim Joko Widodo. Meski dibantah, Jokowi memastikan komunikasi politik tetap dilanjutkan dengan kedua partai yang berada di koalisi Merah Putih tersebut.

"‎Nanti dilihat, masih proses semuanya," ujar Jokowi memberi tanggapan ketika ditanya wartawan di Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2014) malam.

Jokowi menyatakan urusan merapatnya part‎ai-partai itu sebagai urusan politik partainya, PDI Perjuangan. Namun demikian, Jokowi menyatakan dirinya juga bisa ikut serta dalam proses komunikasi politik.

"‎Urusan partai, tapi ya sedikit-sedikit ikut nggak apa-apa to," ucap Jokowi.

PAN menyatakan bakal tetap berada di koalisi merah putih yang dalam Pilpres 2014 mendukung Prabowo-Hatta. Wakil Ketua Umum PAN Dradjad Wibowo bahkan gerah dinyatakan partainya bakal merapat ke kubu Jokowi-JK.

Dia menilai, sesungguhnya 'kericuhan' justru terjadi di kubu Jokowi-JK yang berproses menyusun kabinet.

"Artinya kan ada gesekan yang kuat dari kubu Jokowi-JK. Komunikasi pribadi masih jalan dengan baik tapi sikap politik berbeda. Jadi kita saling tahu apa yang terjadi di sana dan di sini," kata Dradjad di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/8).

Ketua Harian Demokrat Syarief Hasan juga menyatakan pihaknya belum mengadakan pembicaraan dengan Jokowi. Dia menegaskan partainya akan jadi penyeimbang pemerintahan.

"Kita belum ada pembicaraan, belum ada pernyataan resmi. Demokrat hanya jadi penyeimbang," kata Syarief di Jakarta, Rabu (20/8).

(dnu/fdn)