Gagahnya Paspampres Bermoge Kawal Perjalanan Jokowi

- detikNews
Minggu, 24 Agu 2014 18:08 WIB
Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Di antara para personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengawal presiden terpilih Joko Widodo, ada yang mencolok dengan 'tunggangan' gagah. Mereka adalah personel Paspampres bermotor gede (moge) yang menenteng senjata laras panjang.

Empat anggota Paspampres bermotor ini mengendarai dua Yamaha FZ1 warna hitam. Dua motor bernomor polisi B 6537 RFD dan B 6542 RFD ini bersiap tancap gas mengawal Jokowi yang hendak meninggalkan Rumah Dinas Gubernur, Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/8/2014).

"Ini motor Yamaha FZ1 1.000 CC. Beda dengan yang digunakan polisi, ‎kalau Yamaha yang berwarna putih yang digunakan polisi itu 1.500 CC," kata salah seorang dari personel Paspampres bermotor yang membatasi memberi pernyataan ke media.

Mereka berboncengan mengendarai motor hitam ini, lengkap dengan atribut warna hitam berikut helm yang mereka kenakan. Personel yang membonceng menenteng senjata laras panjang.

"Kita jaga sisi kanan dan kiri mobil. Kita ada banyak, gantian, selama ditugaskan kita siap," imbuhnya.

Mereka yang tampil gagah ini mengaku tak tahu menahu ke mana Jokowi akan pergi.‎ Mereka hanya mengikuti kemana si pria berperawakan kurus asal Solo itu meluncur. Belakangan diketahui, Jokowi meluncur ke Kantor Transisi sore ini.

"Nggak tahu (ke mana Jokowi akan pergi‎). Kita sih kalau ada pergerakan langsung ngikut saja," katanya.

Setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan hasil Pilpres dan mengukuhkan Jokowi-JK sebagai presiden/wapres terpilih, keduanya dikawal Paspampres Grup D.

Rangkaian pengamanan yang akan dilekatkan pada Jokowi-JK yakni 7 mobil, 2 unit motor, dan 37 personel Paspampres.

(dnu/fdn)