detikNews
Senin 18 Agustus 2014, 11:45 WIB

Massa Bercadar 'Panaskan' Sidang Kasus Intoleransi di Sleman

- detikNews
Massa Bercadar Panaskan Sidang Kasus Intoleransi di Sleman Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Sleman - Sidang perdana kasus intoleransi yang menimpa Julius Fellicianus di PN Sleman didatangi puluhan orang bercadar. Massa yang tidak bisa masuk ke ruang sidang, tertahan di luar dan berada di jalan depan PN Sleman, Senin (18/8/2014).

Agenda sidang perdana ini adalah pembacaan dakwaan dengan terdakwa Abdul Kholiq alias Ustaz Kholiq. Ruang sidang penuh oleh pengunjung.

Sidang hanya berjalan singkat, dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 11.00. Usai sidang, suasana di dalam ruang sidang memanas. Massa yang mayoritas berbaju putih tiba-tiba berdiri dan mendekat ke majelis hakim. Mereka meneriakan takbir berkali-kali.

"Bebaskan ustadz Kholiq! Bebaskan orang yang tidak bersalah!" teriak massa di dalam ruang sidang.

Petugas kepolisian pun menjaga ketat ruang sidang. Massa terus berteriak dan memanggil massa di luar untuk masuk ke ruang sidang. Namun, ratusan personel gabungan di luar PN melarang mereka masuk. Teriakan takbir dari dalam pun disambut oleh takbir oleh masa di luar sidang.

Sidang kasus intoleransi ini akan dilanjutkan Minggu depan dengan agenda pembacaan eksepsi. Direktur Galang Press, Julius Felicianus, diserang oleh sekelompok orang pada bulan Mei 2014. Julius diserang di rumahnya saat sedang diadakan kegiatan ibadah Rosario.

  • Massa Bercadar Panaskan Sidang Kasus Intoleransi di Sleman
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom
  • Massa Bercadar Panaskan Sidang Kasus Intoleransi di Sleman
    Foto: Edzan Raharjo/detikcom

(try/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com