DetikNews
Kamis 14 Agustus 2014, 15:19 WIB

‎Sidang Anas

Yulianis Disuruh Nazar Bawa Uang Rp 30 M dan US$ 5 Juta ke Kongres PD

- detikNews
Yulianis Disuruh Nazar Bawa Uang Rp 30 M dan US$ 5 Juta ke Kongres PD
Jakarta - Mantan Wakil Direktur Marketing Grup Permai, Yulianis, mengaku pernah diperintah Nazaruddin membawa duit total Rp 30 miliar dan US$ 5 Juta ke Kongres Demokrat. Duit berasal dari kas Grup Permai dan sumbangan terkait pemilihan Ketum PD.

"Total uang diambil bank itu Rp 30 miliar, Rp 500 juta. Sedangkan uang dollar sekitar 2 juta," ujar Yulianis bersaksi untuk Anas di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (13/8/2014).

Menurut dia, duit Rp 30 miliar disiapkan sekitar 4 hari sebelum berangkat ke Bandung pada Mei 2010. "Sedangkan uang sumbangan itu dikolek sejak tanggal 16 April 2010. Itu saya dikasih Pak Aan dan Pak Iwan nama aslinya saya lupa," sambungnya.

Yulianis mengungkapkan sumbangan itu terdiri dari sejumlah tas dan amplop ada juta dengan kantong plastik hitam. "Ada Rp 50 juta, ada Rp 200 juta, ada Rp 2 juta, ada Rp 1 juta. Kalau ditotal-total sekitar 3 juta dollar," sebutnya.

"Rentang sumbangan dari Rp 1 juta, ada juga yang miliar," imbuh Yulianis.

Tapi siapa yang menyumbang, Yulianis tidak tahu menahu. "Tidak ditulis namanya," kata dia.

Duit ini dibawa ke Bandung atas perintah Nazar menggunakan mobil boks. "Awalnya disuruh membawa Rp 20 miliar dulu pakai mobil boks, hasil sumbangan 3 juta USD," sebut Yulianis.


(fdn/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed