32 Pesawat Tempur akan Hiasi Langit Jakarta Saat HUT RI ke 69

- detikNews
Kamis, 07 Agu 2014 22:44 WIB
Ilustrasi
Yogyakarta - Seperti beberapa tahun belakangan ini, tiap kali peringatan Hari Kemerdekaan RI, selalu ada pesawat tempur NKRI yang dilibatkan. Namun tahun ini, jumlah pesawat yang akan digunakan tak hanya belasan melainkan sampai puluhan.

“Yang akan ditampilkan ada 32 pesawat dalam dua formasi besar untuk 17 Agustus nanti,” kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Putu Bagus Dunia, di sela-sela peringatan Hari Bakti TNI AU di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Kamis (7/8/2014).

Pesawat-pesawat tersebut beraksi di langit Jakarta tepatnya di atas Istana Negara. Fly Pass itu akan dilakukan pada saat upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Ida Putu Dunia menuturkan, sesuai rencana ada dua formasi besar yang akan ditampilkan para pilot kebanggaan TNI AU. “Flight pertama nantinya 10 pesawat T50, termasuk yang baru datang dari Korea, ditambah 6 pesawat Hawk S100/200,” ucapnya.

Sementara pada kelompok kedua nantinya diisi oleh 8 pesawat F16 dan 8 pesawat Sukhoi. “F16 itu merupakan gabungan dari yang sudah kita punyai selama ini ditambah pesawat yang terbaru pada tahun ini,” kata dia.

Seperti diketahui, TNI AU terus menambah alutsista untuk memperkuat pertahanan. Pertengahan tahun ini sudah ada 3 unit F16 yang datang dan akan ditambah lagi 3 unit pada 1 Oktober mendatang. JUmlah itu adalah bagian dari 24 unit pesawat hibah dari Amerika yang akan digenapi pada akhir 2015 mendatang.

Ida Putu Dunia menegaskan, seiring dengan penambahan alutsista, pihaknya juga menambah kesiapan para pilot. “Kita lakukan paralel antara penambahan jumlah pesawat dengan penerbangnya. Kita sudah siapkan itu sehingga pesawat yang ada sudah dibarengi dengan penyiapan penerbang dan teknisi untuk perawatan,” tuturnya.

(ros/vid)