Lulus Cumlaude, Angga Putri Petani Dapat Beasiswa Kuliah di Belanda

ADVERTISEMENT

Lulus Cumlaude, Angga Putri Petani Dapat Beasiswa Kuliah di Belanda

- detikNews
Selasa, 17 Jun 2014 16:58 WIB
Solo - Angga Dwituti Lestari (22) bahagia. Selain lulus cumlaude di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, ia juga dapat tawaran beasiswa kuliah di Universitas Leiden Belanda. Ia berharap bisa lolos.

"Saya berharap bisa kuliah di Leiden University. Saya sudah mendapat tawaran untuk memperoleh beasiswa kuliah S-2 dari LPDP (Lembaga Penyelenggara Dana Pendidikan-red). Masih harus mengikuti empat tahap seleksi, pengumumannya sekitar September nanti. Semoga bisa lolos," kata Angga saat ditemui detikcom di kampusnya, Fakultas MIPA UNS, Selasa (17/6/2014).

Angga seharusnya diwisuda Maret 2014 lalu, tapi karena mengalami kecelakaan ia batal ikut wisuda. Putri pasangan Supriyanto dan Sugiyanti ini baru diwisuda, Sabtu (14/6).

Angga menempuh perkuliahan selama 3 tahun 5 bulan dan lulus dengan IPK 3,98. Skripsinya tentang karakter fisilogis dan biokimia buah alpukat dengan perlakuan suhu dan kitosan (cangkang udang) untuk menghambat proses pemasakan selama penyimpanan mendapat nilai sempurna, A.

Apa harapannya setelah lulus? "Ingin bisa kuliah tinggi, kalau memungkinkan nanti di Leiden langsung ambil S-3. Setelah itu ingin membagikan pengetahuan kepada sesama sebagai dosen. Belum ada minat khusus untuk mengajar di kampus mana. Fokus ke pendidikan dulu saja," ujar perempuan berjilbab ini.

Angga adalah bungsu dari dua bersaudara. Ayahnya merupakan petani kecil di Desa Margoluwih, Seyegan, Sleman, DIY, dan mencari tambahan penghasilan dengan makelaran sepeda motor. Karena kondisi ekonomi keluarganya itulah Angga bersekolah nyaris tanpa biaya. Ia selalu mendapat beasiswa, termasuk ketika kuliah.

Angga juga menjadi anak yang ulet, hemat dan tekun. Untuk menambah penghasilan, ia pernah berjualan jus dengan bahan baku buah organik. Kendala ekonomi tak membuatnya menyerah dan akhirnya menuai hasil yang membanggakan orangtua dan kampusnya.



(mbr/try)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT