MA Belum Beberkan Biaya Sewa Pesawat Jet, Fitra: Mereka Harus Terbuka

- detikNews
Jumat, 23 Mei 2014 10:05 WIB
Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Hingga kini biaya sewa pesawat jet ke Wakatobi oleh pejabat Mahkamah Agung (MA) masih 'misterius'. Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) meminta MA terbuka dan menyebut saja dari mana uang sewa tersebut.

"Mereka harus terbuka ke publik, sebutkan saja dari mana anggarannya," kata koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Ucok Sky Khadafi, saat dihubungi detikcom, Jumat (23/5/2014).

Kabiro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur sebelumnya tak menjelaskan berapa besar biaya untuk menyewa jet tersebut. Namun ia menyebut dana tersebut berasal dari biaya operasional pejabat MA.

"Biaya operasional itu untuk apa programnnya. Kalau untuk yang lain tapi dipakai untuk sewa jet tentu tidak boleh. Mereka tidak boleh membuat kesepakatan antar mereka sendiri, harus dibahas dengan DPR," tutur Ucok.

MA menyatakan sewa jet tersebut untuk asas penghematan. Di mana untuk mencapai lokasi pembinaan di Wakatobi itu harus beberapa kali turun naik pesawat dan kapal jika melalui jalur reguler.

"Aku nggak tahu persis," jawab Kepala Biro Hukum dan Humas, Ridwan Mansyur saat ditanya soal anggaran sewa pesawat jet itu.



(rna/asp)