DetikNews
Selasa 29 April 2014, 13:19 WIB

Koruptor Rp 1,2 Triliun Lepas, Ini Sikap Resmi MA Soal Ahli Waris Ajukan PK

- detikNews
Koruptor Rp 1,2 Triliun Lepas, Ini Sikap Resmi MA Soal Ahli Waris Ajukan PK Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
Jakarta - Istri Sudjiono Timan mengajukan peninjauan kembali (PK) kasus suaminya dan dikabulkan. Padahal, Timan masih dalam status buron dan tidak pernah datang sama sekali ke pengadilan untuk mengajukan PK.

Kasus seperti di atas menjadi diskusi serius Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA). Rapat tersebut digelar pada akhir 2013 lalu dengan dihadiri seluruh hakim agung kamar pidana, seperti Artidjo Alkostar, Imron Anwari, Timur Manurung, Andi Abu Ayyub Saleh, Salman Luthan, Andi Samsan Nganro, Surya Jaya dan Suhadi. Para hakim agung itu lalu merumuskan masalah:

Berbagai persepsi berkembang tentang kedudukan ahli waris dalam kaitannya dengan pihak yang diperkenankan mengajukan PK sesuai pasal 263 KUHP. Bagaimana sikap MA terhadap persepsi tersebut?

Dalam rapat tersebut, ditarik kesimpulan yang rumusannya ditandatangani oleh Ketua MA Hatta Ali dan dijadikan aturan.

"Ahli waris dapat mengajukan PK apabila pewaris/Terpidana telah meninggal dunia," kata Ketua MA Hatta Ali seperti dilansir website MA, Selasa (29/4/2014). Hal ini dituangkan dalam Surat Edaran MA yang ditandatangani pada (28/3) dengan nomor 04/2014.

Timan merupakan koruptor kasus BLBI yang merugikan negara Rp 1,2 triliun. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) melepaskan Timan tetapi oleh MA dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Sebelum dieksekusi, Timan melarikan diri dan kabur hingga sekarang. Setelah satu dasawarsa menghilang, Timan tiba-tiba mengajukan PK yang diwakili oleh istrinya. Pada Juni 2013 lalu, MA melepaskan Timan.



  • Koruptor Rp 1,2 Triliun Lepas, Ini Sikap Resmi MA Soal Ahli Waris Ajukan PK
    Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)
  • Koruptor Rp 1,2 Triliun Lepas, Ini Sikap Resmi MA Soal Ahli Waris Ajukan PK
    Gedung Mahkamah Agung (ari saputra/detikcom)

(asp/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed