DetikNews
Selasa 18 Maret 2014, 10:35 WIB

Soal Pembakar Lahan di Riau, Kapolri: Koorporasi dan Individu Sama-Sama Sulit

- detikNews
Soal Pembakar Lahan di Riau, Kapolri: Koorporasi dan Individu Sama-Sama Sulit
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi ada cukong dan toke yang ada di belakang pelaku pembakaran lahan dan hutan di Riau. Mereka yang menyuruh dan membiayai pembakaran. Kapolri Jenderal Pol Sutarman angkat bicara soal kebakaran ini. Bagi dia, pelaku pembakar hutan koorporasi maupun pelaku individu sama-sama sulit ditangkap.

"Sama (sulit). Semua itu tergantung dari alat bukti yang kita temukan. Kalau pemeriksaan saksi-saksi terungkap ada yang menyuruh, kita akan tangkap jika ada bukti," kata Sutarman di Mabes Polri, Selasa (18/3).

Kepolisian serius untuk menangkap dan memproses hukum para pelaku, baik yang individu di bawah, maupun koorporasi. Sutarman menyebutkan saat ini sudah ada 60 pelaku pembakaran yang ditangkap. "Satu di antaranya adalah koorporasi," lanjutnya tanpa menyebutkan nama perusahaan dimaksud.

Lebih lanjut ia mengutip arahan Presiden SBY ketika rapat bersama para pejabat terkait di Riau untuk mengurangi asap. Langkah-langkah pemadaman selain dengan cara manual oleh personel juga lewat metode hujan buatan. Begitu juga untuk proses hukum yang selama ini dinilai lamban dan tidak tegas.

"Presiden juga instruksikan kepada kapolri dan Kejaksaan Agung agar prosesnya cepat, karena selama ini agak lama terkait dengan UU Lingkungan Hidup, Keterangan Saksi dan keterangan ahli," kata dia.

Pembakaran hutan, lanjutnya, bukan hanya kejahatan lingkungan hidup tapi juga kemanusiaan sebab udara yang tidak clear bisa membunuh secara pelan-pelan. "Beliau (Presiden SBY) menyebut ini sebagai kejahatan kemanusiaan sehingga selain harus mempercepat hukuman juga harus diperberat supaya jera," tutupnya.



  • Soal Pembakar Lahan di Riau, Kapolri: Koorporasi dan Individu Sama-Sama Sulit
  • Soal Pembakar Lahan di Riau, Kapolri: Koorporasi dan Individu Sama-Sama Sulit

(ros/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed