Beredar Broadcast 'Gunung Slamet Segera Meletus', Warga Banyumas Panik

- detikNews
Rabu, 12 Mar 2014 18:17 WIB
Banyumas - Broadcast mengenai status Gunung Slamet bertebaran. Sebagian besar di antaranya menyesatkan. Warga panik dan beberapa di antaranya mengungsi.

Sejak status Gunung Slamet dinaikkan dari Normal (level 1) menjadi Waspada (level 2), Senin (10/3) lalu, pesan berantai dari media sosial diterima warga. Sumbernya tidak jelas.

"Saya sempat bingung, karena malam Selasa kemarin ada broadcast sesat yang mengimbau supaya siap-siap mengungsi," kata Dedi (27) warga Baturraden, Rabu (12/3/2014).

Sebagian warga panik. Apalagi broadcast diterima berkali-kali. Beberapa warga mengikuti saran itu, yakni mengungsi.

Ada broadcast yang berbunyi: 'Status Gunung Slamet sudah siaga 3 dan akan segera meletus, maka warga di lereng Gunung Slamet diimbau untuk segera mengungsi.' Salah satu warga, Kristiono, mengaku sering mendapat informasi seperti itu.

"Menyesatkan dan tidak jelas sumbernya," katanya.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Banyumas, Didi Rudwianto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Berdasarkan pantauan di beberapa wilayah kawasan lereng Gunung Slamet, aktivitas warga masih seperti biasa dan tidak terganggu dengan naiknya status Gunung Slamet.

"Setiap saat, kami mendapat informasi langsung dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Gambuhan dan PVMBG. Hingga sekarang statusnya masih waspada. Jadi jangan sampai percaya pada isu-isu yang tidak jelas," ungkapnya.

Untuk menangkis isu-isu yang tidak bertanggung jawab, pihaknya hanya membuka satu informasi resmi. Informasi resmi ini, kata Didi, akan disampaikan melalui camat dan kepala desa (kades).

"Kades diharapkan bisa menginformasikan kepada perangkat. Sehingga perangkat bisa langsung memberikan informasi kepada masyarakat, supaya tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab," katanya.





(arb/try)