ADVERTISEMENT

Jasa Penggerak Massa

3 Perilaku Nyeleneh Calon Wakil Rakyat

- detikNews
Selasa, 11 Mar 2014 10:14 WIB
3 Perilaku Nyeleneh Calon Wakil Rakyat
Sosialisasi pemilu 2014

Sepuluh tahun sudah Goldy Trimo berkecimpung di dunia politik. Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur itu pun mengaku sudah hafal perilaku rekan-rekannya sesama politisi. Khususnya terkait ritual yang rutin mereka lakukan menjelang pemilihan umum

Menurut Goldy kebiasaan politisi mengunjungi makam keramat meningkat menjelang pemungutan suara. Umumnya dilakukan akibat lemahnya kepercayaan diri dari seorang calon anggota legislatif.

Ongkos besar yang terlanjur dikeluarkan saat kampanye membuat pola pikir seorang calon anggota legislatif tidak lagi rasional. 

Hal yang sama dikatakan calon legislator dari Partai Hanura, Haridt Rahman Hakim, 37 tahun. Mantan aktivis 1998 ini menilai saat ini mulai muncul gejala yang keliru di kalangan politisi menjelang pemilu.

Selain sudah habis-habisan biaya, mereka terkesan nekat berbuat apapun agar bisa meraih kursi yang diinginkan.

Sementara tokoh spritual sekaligus politisi Permadi menilai maraknya caleg ke makam keramat dianggap sudah menjadi trend, dan menghilangkan budaya sebenarnya. Karena tidak percaya diri, para caleg ini meminta bantuan doa kepada para leluhur agar bisa dimudahkan urusannya.

“Sebenarnya enggak jadi masalah. Wong aku juga masih ke makam-makam. Cuma itu harus benar pola pikir pengertiannya,” sebut pria berusia 73 tahun itu.



(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT