Tiap Rumah Rusak Akibat Kelud Dapat Dana Perbaikan Rp 6 Juta

- detikNews
Rabu, 26 Feb 2014 15:39 WIB
Jakarta - Sebanyak 6.000 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk memperbaiki rumah-rumah yang rusak akibat letusan Gunung Kelud. Tiap rumah akan mendapatkan bantuan dari pemerintah Rp 6 juta.

"Selain TNI dan Polri juga akan dibantu relawan dan juga SKPD. Tiap rumah akan mendapatkan bantuan perbaikan Rp 6 juta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di kantor BNPB, Jl Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2014).

Sutopo mengatakan, dana yang dialokasikan untuk perbaikan tersebut Rp 25,95 miliar karena jumlah rumah yang menjadi korban mencapai ribuan. Diharapkan perbaikan ini selesai dalam waktu dua minggu. "Lokasi rumah-rumah itu ada di Kediri, Blitar dan Malang," katanya.

Sutopo menyatakan, saat ini status Gunung Kelud masih siaga atau level tiga. Saat ini sudah tidak erupsi, namun gempa tremor masih beberapa kali terjadi. Sedangkan untuk pengungsi yang masih ada di pos pengungsian sebanyak 1.935 jiwa. Para pengungsi ini berada di Kediri, Malang dan Jombang.

Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto memberikan pemaparan mengenai pengungsi di Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dia menjelaskan, sejak 14-16 Februari warga dari 16 desa sudah dipulangkan. Mereka mendapatkan jaminan beras 400 gram per jiwa per hari dan uang sebesar Rp 6 ribu per jiwa per hari.

"Hal ini akan dilaksanakan 60 hari ke depan," katanya.

Sedangkan populasi yang harus direlokasi ada 1.255 jiwa. Mereka berasal dari Desa Suka Meriah, Pekerah dan Cimacem. "Kita masih mencari lokasi relokasinya," katanya.



(nal/nrl)