Upaya Penyelamatan MK Dihancurkan 8 Hakim Konstitusi

- detikNews
Jumat, 14 Feb 2014 13:28 WIB
Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan MK menilai 8 hakim konstitusi telah menghancurkan upaya penyelamatan MK. Hal ini disampaikan oleh peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil.

"Upaya penyelamatan MK justru dihancurkan oleh hakim MK sendiri. Memang MK sepertinya tidak ingin diselamatkan secara kelembagaan," ujar Fadli.

Ia menyampaikan hal ini dalam jumpa pers koalisi yang terdiri dari LSM bidang hukum, ICW, YLBHI, dan Perludem di kantor YLBHI, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2014). Fadli menduga hal ini terjadi karena ada konflik kepentingan di balik putusan uji materi UU No 4 Tahun 2014 itu.

"Kepentingan yang bersilangan di MK, khususnya hakim-hakimnya, justru tidak menunjukkan tugas mereka untuk mengawal konstitusi. Tahun 2014 memang tahun politik, kondisi sekarang tentu meragukan kredibilitas MK," ujar Fadli.

MK pada Kamis (13/2) menghapus UU Penyelamatan MK yang mengatur mekanisme perekrutan hakim konstitusi dan pengawasan. Menurut MK, UU yang dilahirkan dari perpu atas peristiwa penangkapan Akil Mochtar oleh KPK ini melanggar konstitusi.

"Sangat mengkhawatirkan memang, mereka membutuhkan legitimasi dan kepercayaan, jika tidak sengketa pemilu akan dipertanyakan integritasnya," tutup Fadli.



(vid/ndr)