Punya Komitmen Bersama, Hakim Anwar Terpukul dengan Penangkapan Akil

- detikNews
Kamis, 13 Feb 2014 14:33 WIB
Jakarta - Hakim MK Anwar Usman mengaku sangat kaget dan terpukul dengan penangkapan mantan Ketua MK Akil Mochtar. Sebabnya, Anwar dan Akil pernah ada komitmen bersama.

"Betapa kagetnya saya mengetahui hal tersebut. Saya tahu dari media nonton TV bahwa ada penangkapan," ujar Anwar dalam kesaksiannya di PN Tipikor, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Anwar yang belum dua tahun menjadi hakim konstitusi ini lantas mengkisahkan mengenai masa awal saat Akil dilantik sebagai Ketua MK. Dia pernah bertemu empat mata dengan Akil.

"Saat Pak Akil terpilih. Saya ucapkan selamat, saya datang ke ruangannya, saya mengajak beliau mari kita sama-sama menjaga nama baik MK," ujar Anwar.

Menurut Anwar kala itu MK memiliki martabat dan nama yang harus selalu dijaga. "Walaupun yang termuda di dunia, MK Indonesia masuk 10 besar," kata Anwar.

Sebelum Akil menjadi Ketua MK, Anwar berada dalam satu panel dengan Mahfud MD. Ketika Mahfud pensiun, Anwar bergabung dengan panel yang dipimpin Akil Mochtar.

"Selama ini saya tidak pernah merasa curiga. Persidangan di MK selalu sesuai prosedur. Bahwa di luar sana ada kecurigaan dan kemudian menjadi fakta seperti ini, ya saya baru tahu," kata Anwar yang selama empat bulan berada dalam satu panel dengan Akil menyidangkan 50 sengketa Pilkada.



(fjp/mok)