detikNews
Minggu 26 Januari 2014, 20:06 WIB

6 Tahun Wafatnya Soeharto, Astana Giri Bangun Ramai Dikunjungi Peziarah

- detikNews
6 Tahun Wafatnya Soeharto, Astana Giri Bangun Ramai Dikunjungi Peziarah Suasana di Astana Giribangun (Taufan/detikcom)
Karanganyar, - Presiden RI kedua, Soeharto menjadi tokoh yang kini mulai dirindukan. Pada 27 Januari 2014 merupakan 6 tahun meninggalnya Soeharto.

Astana Giribangun yang berada di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan lokasi makam pria yang akrab disapa Pak Harto ini. Di dalam makam yang luas ini, terdapat lokasi utama sebuah masjid yang dinamakan Cungkup Argosari dengan dinding terbuat dari kayu dan berukir khas Jawa. Di tempat tersebut Pak Harto dan keluarganya di makamkan.

Di dalam cungkup argosari terdapat 4 makam keluarga Soeharto. Diantaranya istrinya ibu Tien Soeharto, ayah Tien Soeharto, Soemaharjomo dan kakak tertua Ibu Tien, Siti Hartini Oudang.

Penjaga Astana Giribangun, Samidi mengatakan makam kini mulai ramai dikunjungi peziarah dari beberapa daerah. \"Ini mulai banyak peziarah yang datang ke makam Pak Harto, besok Selasa kan 6 tahun meninggalnya Pak Harto,\" jelasnya.

Beberapa meter dari Astana Giribangun terdapat Astana Mangadeg, yang merupakan lokasi pemakaman penguasa Mangkunegaran termasuk salah satu pecahan dari Kesultanan Mataram. Lokasi yang berdekatan ini dikarenakan ibu Tien Soeharto merupakan keturunan Mangkunegoro III.

\"Terdapat Makam raja-raja selang beberapa meter dari makam Pak Harto,\" kata penjaga Samidi di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (26/1/2014).





(tfn/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com