Gombal Caleg: Tunggangi Persib Bandung Demi Kursi DPR

- detikNews
Jumat, 06 Des 2013 11:33 WIB
Jakarta - Segala jalan ditempuh para calon legislatif (caleg) untuk mengejar kursi Senayan. Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk masuk ke lumbung suara, termasuk mendukung klub sepakbola ternama sekelas Persib Bandung.

"Kabupaten Bandung, mereka banyak fanatik Persib. Jadi saya biasa memberikan support dukung Persib. Kebetulan adik saya salah satu Ketua Viking," kata salah satu caleg DPR, NN, dalam testimoni yang tertulis di buku 'Mahalnya Demokrasi Memudarnya Komunikasi' karya Pramono Anung, seperti dikutip detikcom, Jumat (6/12/2013).

Cara anggota DPR menggombali rakyat yang unik juga dilakukan oleh MM. Caleg Partai Demokrat itu sengaja membuat baliho memelas agar dirinya dipilih rakyat.

"Stiker gambar aku, gambarnya pesannya kalau kalah aku pening, tante. Ikon saya di Gerhana itu, jadi mereka kasihan kalau P kalah jadi pening lagi kan," tutur caleg PD yang menyebut dirinya dengan sebutan Poltak.

Selain itu ada anggota DPR yang sengaja berkampanye sembari menyediakan tuak, babi panggang, lengkap dengan organ tunggal dan penyanyi cantik.

"Keuntungannya, masyarakat cenderung berpikirnya ringkas, pragmatis. Bawa tuak, potong ayam, potong babi, makan dan urusan selesai," kata caleg pengusaha dari Indonesia Timur yang menggunakan inisial SS saat memberikan testimoni tersebut.

Cara caleg menggombali rakyat ini dianggap hal yang biasa di Pemilu. Umumnya caleg menempuh segala cara untuk mengumpulkan pundi-pundi suara di Pemilu.

(nrl/van)