Direkomendasikan Berhenti Tetap, Azlaini: Tegas-tegas Saya Menolak!

- detikNews
Jumat, 29 Nov 2013 17:36 WIB
Jakarta - Wakil Ketua Ombudsman nonaktif Azlaini Agus mengkonfirmasi rekomendasi diberhentikan secara tetap oleh Majelis Kehormatan Ombudsman. Dirinya menolak rekomendasi yang diberhentikan secara tetap itu.

"Itulah kalau memang keputusannya itu bunyinya seperti itu, maka saya menolak. Tegas-tegas menolak baik hari ini atau seterusnya, saya kira ini penzaliman ya," ujar Azlaini Agus saat jumpa pers di Burger Klenger, Jalan Tebet Dalam Raya, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2013).

Tampak Azlaini yang berkacamata itu mengenakan jilbab warna ungu dengan terusan batik warna senada. Dirinya ditemani kuasa hukumnya, Kafitra Ampera saat memberikan keterangan.

Menurut Azlaini, pembentukan Majelis Kehormatan Ombudsman cacat hukum karena pada saat rapat pleno dibentuk tanggal 29 Oktober 2013, dirinya yang masih berstatus sebagai wakil ketua dan anggota Ombudsman bidang pengawasan.

"Saya telah menyampaikan keberatan rapat pleno melalui surat kepada pimpinan dan juga ada tembusan ke DPR dan juga Presiden bahwa ini cacat prosedur. Dimana saya yang punya hak diundang tapi saya tidak tidak diundang. Artinya hak saya sebagai anggota dilanggar," kata Azlaini.

Selain itu, status hukum Azlaini dalam kasus penamparan yang menjeratnya masih sebagai saksi. Majelis Kehormatan Ombudsman berhak memberikan rekomendasi diberhentikan sementara dan tetap jika sudah ada putusan hukum tetap.

"Pasal 12 peraturan Ombudsman no 7 tahun 2011 tentang insan diberhentikan sementara apabila berstatus sebagai terdakwa dengan ancaman 5 tahun atau lebih. Kemudian insan diberhentikan permanen terbukti melakukan tindak pidana yang telah diputus dengan putusan hukum tetap," jelasnya.

(dha/rmd)