Laporan dari Jepang

Taman Ohama di Sakai Ini Punya Kandang Monyet Hingga Gunung

- detikNews
Selasa, 12 Nov 2013 06:50 WIB
Sakai - Taman Ohama (Ohama Park) di Kota Sakai ini cukup unik, dengan luasan 16 hektar, taman ini memiliki cukup banyak daya tarik. Mulai dari fasilitas olahraga, kandang monyet hingga gunung terpendek di Jepang.

Pada Kamis (7/11/2013) lalu, detikcom bersama para jurnalis Sakai Asean Week 2013 berkesempatan melihat Taman Ohama saat mengikuti komunitas jalan sehat warga usia lanjut Ohama Koen Walk dari Kuil Shinme, menyusuri dermaga tua Kota Sakai, Sakai Kyuko, dan menyusuri jembatan penyeberangan orang di bawah jembatan layang.

Pertama yang terlihat ada beberapa pohon mapel Jepang terlihat berubah warna menjadi merah, beberapa pohon pinus ada di taman berkontur bukit, ada pula tanaman bunga yang digantung di rangka-rangka besi. Beberapa warga mengayuh sepeda, beberapa lainnya berjalan kaki, ada pula yang duduk-duduk melepas penat di beberapa bangku taman yang disediakan.

Kontur taman ada yang berbukit-bukit, dari ketinggian di bukit itu tampak beberapa sarana olahraga seperti lapangan baseball, kolam renang, gym hingga gelanggang latihan sumo. Tampak juga beberapa playground untuk anak-anak, dan tak jauh dari playground terdapat kandang monyet besar seperti di kebun binatang.

Ada sekitar belasan monyet terlihat sedang nongkrong, bergelantungan, mencari kutu di badan monyet lainnya. Dari papan petunjuk di depan kandang, diketahui bahwa monyet itu bernama latin Macaca mulatta alias jenis monyet rhesus. Monyet ini sering dipakai dalam berbagai penelitian medis dan biologi.

Uniknya, gunung terpendek di Jepang juga berada di kawasan Taman Ohara. Gunung Sotetsu (Sotetsuyama) 'hanya' memiliki tinggi 6,96 meter. Menurut papan petunjuk mengenai Gunung Sotetsu yang ada di puncak bukit, awalnya digunakan sebagai benteng pencegahan dari 'Black Ship' di hari terakhir Era Tokugawa atau Zaman Edo (1600-1867).

Black Ship adalah istilah untuk menyebut kapal dari Barat. Gunung ini memang menghadap Teluk Osaka dan dekat dengan pelabuhan Sakai lama, Sakai Kyuko. Gunung ini pada awalnya dibuka ke publik sebagai Ohama Park pada masa Meiji 12, tahun 1879.

Dulu di sekitar gunung ini terkenal menjadi resort yang terbaik di kawasan Kansai, bisa memandang langsung ke laut, orang-orang yang berenang dan berjemur. Kini, gunung ini tiap Senin dan Kamis didaki para warga usia lanjut dari komunitas Ohama Koen Walk. Mereka menikmati taman di puncak gunung setelah berjalan kaki sekitar 2 km.

Mengenai taman, pemandu jurnalis Sakai ASEAN Week 2013, Prof Hisanori Kato, melansir dari Pemerintah Kota Sakai bahwa taman di Sakai jumlahnya mencapai 1.149 taman.

"Taman besar seperti Ohama ini ada 10. Luasan Ohama sendiri sekitar 163 ribu meter persegi," kata Kato.


(nwk/ahy)