Iyus Djuher, Eks Ketua DPRD Kab Bogor yang Tersangkut Kasus Suap Meninggal

- detikNews
Rabu, 23 Okt 2013 11:48 WIB
Iyus
Jakarta - Mantan Ketua DRPD Kabupaten Bogor Iyus Djuher meninggal dunia. Terdakwa kasus suap makam di Bogor itu menghembuskan nafas terakhir pukul 09.50 WIB di RS Dharmais, Jakarta.

"Betul, meninggal dunia, sekitar pukul 09.50 WIB," kata pengacara Iyus, Gunara, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (23/10/2013).

Menurut Gunara, Iyus mengidap kanker hati dan dirawat sejak 9 Oktober lalu di RS Dharmais. Sebelumnya, pria yang dituntut 4,5 tahun penjara oleh jaksa KPK itu sudah bolak balik ke rumah sakit karena penyakitnya.

"Sebelumnya ditahan di LP Kebon Waru, namun dirawat di rumah sakit sejak September," kata Gunara.

Seharusnya, Iyus menjalani sidang pledoi dalam waktu dekat ini. Namun karena meninggal dunia, maka proses sidangnya dihentikan.

"Jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Ciomas, Bogor," terang Gunara.

Sebelumya, Iyus dituntut 4,5 tahun penjara karena turut serta dalam kasus suap PNS untuk izin Tempat Pemakaman Bukan Umum (TPBU) di Desa Antajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor.

JPU menilai Iyus telah melanggar asal 5 ayat 2 jo 5 ayat 1 huruf a junto pasal 55 ayat 1 jo 64 KUHP tahun 1999 sebagaimana yang telah diubah dalam UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Tuntutan terhadap Iyus dalam kasus ini tercatat yang tertinggi dibandingkan 4 terdakwa lainnya. Sebelumnya, dua terdakwa yaitu Direktur Utama PT Garindo Perkasa, Sentot Susilo dan Direktur Operasional Nana Supriana yang dijatuhi hukuman 3 tahun penjara dari tuntutan JPU yaitu 4 tahun penjara.



(mad/mok)