Pagi Ini, 6 Ribu Kupon Hewan Kurban Dibagikan di Masjid Istiqlal Jakarta

- detikNews
Rabu, 16 Okt 2013 05:05 WIB
Jakarta - Panitia kurban Masjid Istiqlal akan mulai membagikan daging kurban pagi ini, Rabu (16/10) usai menjalankan shalat subuh berjamaah. Saat ini pejagal dari rumah potong Pulo Gadung tengah memotong hewan kurban yang berjumlah 53 ekor tersebut.

"Jumlah kita targetkan 3.000 laki-laki dan 3.000 perempuan. Jadi ada 6 ribu kupon dengan berat perbungkusnya masing-masing satu kg," kata Ketua Badan Pengelola Hewan Kurban Masjid Istiqlal, Mubarok di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (15/10/2013).

Namun menurutnya, jumlah setiap kantong tersebut akan disesuaikan dengan ketersediaan daging yang ada. Tidak ada syarat khusus bagi penerima daging. Menurut Mubarok, siapapun berhak mengantri dan menerima pembagian daging kurban.

"Nanti disediakan 150 kursi untuk perempuan dan 150 untuk laki-laki supaya tertib. Sebab ini prosesi keagamaan harus dijaga betul martabatnya," katanya.

Setelah menerima daging, warga diminta mencelupkan jarinya ke dalam tinta. Sehingga diharapkan daging tersebut dapat terdistribusi dengan adil.

Panitia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan bahwa hewan yang dibagi kepada masyarakat laik untuk dikonsumsi. Selain itu, panitia juga bekerjasama dengan Satpol PP, Polda Metro Jaya dan Koramil untuk mengamankan situasi selama pembagian kurban.

"Jadi dengan kerja sama yang baik dengan masyarakat dan berbagai pihak ini diharapkan pembagian kurban akan berjalan lancar," katanya.


(kff/jor)