Jokowi Promosikan Enjoy Jakarta ke Timur Tengah

- detikNews
Rabu, 02 Okt 2013 01:32 WIB
Jakarta - Setelah Malaysia dan Cina, kini giliran kawasan Timur Tengah jadi incaran Pemprov DKI untuk promosi Enjoy Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengutus pihak Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI untuk 'jualan' wisata ke Istanbul, Turki dan Doha, Qatar.

"Promosi sudah dilakukan bulan September lalu. Antusiasme warga di dua kota tersebut sangat luar biasa terhadap berbagai kesenian Jakarta yang ditampilkan," ujar Kepala Disparbud DKI Arie Budhiman di Balaikota DKI, Selasa (1/10/2013).

Ari mengatakan, Pemprov DKI akan mempertunjukkan pagelaran kesenian Betawi dan musik. Artis ibukota Siti Rahmawati (Siti KDI) juga diboyong ke Timur Tengah.

"Selain menggelar pergelaran kesenian tradisional di sana juga diperkenalkan kuliner Indonesia dengan mengikutsertakan juru masak dari Indonesia dalam acara Food Festival dan Food Parade," jelasnya.

Kegiatan di Turki dan Doha juga diisi dengan kegiatan forum bisnis pariwisata. Sebanyak 15 pelaku idnustri peariwisata dari Jakarta dilibatkan dalam promosi ini.

"Para pelaku dan asosiasi industri pariwisata dari Jakarta ini akan memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada sekitar puluhan buyer yang merupakan biro perjalanan di masing-masing kota tersebut," jelas Ari.

Ari menjelaskan, Timur Tengah, khususnya Turki dan Doha merupakan pasar penting bagi promosi pariwisata di Jakarta. Kunjungan wisatawan asal Timur Tengah terus meningkat setiap tahunnya.

"Melalui roadshow Enjoy Jakarta ini, kami harapkan kedatangan turis Timur Tengah ke Jakarta semakin banyak. Paling tidak, tahun ini bisa meningkat 10 persen," katanya.

Bulan Juni lalu Pemprov DKI melakukan promosi Enjoy Jakarta ke negeri tetangga, Malaysia. Jokowi pun ikut langsung dalam ajang promosi ini.

"Banyak tempat-tempat baru yang mereka belum tahu. Misalnya Citos, tempat-tempat seperti itu nggak punya, mereka seneng. Nah yang paling penting, itu kan murah," kata Jokowi.

(jor/rvk)