New York Times Soroti Blusukan Jokowi

- detikNews
Kamis, 26 Sep 2013 12:07 WIB
Jakarta - Soal blusukan memang populer di era Gubernur DKI Jokowi. Kemunculannya yang lebih banyak berkantor di jalan menjadi fenomena. Tak heran kalau media internasional ternama seperti New York Times menyorot blusukan Jokowi, 'a Governor at Home on the Streets'.

New York Times menyorot soal Jokowi pada pemberitaan Rabu (25/9/2013). Di tulisan itu diceritakan bagaimana Jokowi berkeliling ke kawasan kumuh, pasar tradisional dan tempat lainnya.

"Orang Indonesia shock melihat pemimpinnya keluar dari kantor mereka," tulis New York Times.

Di tulisan itu, ditulis juga komentar Jokowi soal aksi blusukannya. Menurut Jokowi di artikel itu, dia menemui orang-orang di jalan, sebagai demokrasi di jalanan.

"Saya menjelaskan program, kemudian saya mendapatkan masukan," terang Jokowi di artikel itu.

New York Times juga menggambarkan bagaimana Jokowi merupakan sebuah harapan di mana dia tidak menggunakan jabatannya untuk memperkaya diri. Jokowi dipuji sebagai politisi yang bersih. Jokowi juga dinilai sukses membereskan Tanah Abang dan Waduk Pluit.

Media AS ini juga menyebut Jokowi sebagai 'man of the people'. Jokowi calon paling kuat menjadi presiden menggantikan SBY di 2014. Tapi keputusan masih menunggu Mrs Megawati yang mengendalikan PDIP, partai di mana Jokowi bernaung.

(ndr/mad)